Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Syariah

Ichwan Arifin, Abdurrahman Misno Bambang Prawiro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk prinsip-prinsip pemasaran dalam perspektif syariah dan bagaimana menjadi sebuah perusahaan pemasaran (Marketing company) berbasiskan syariah dalam kepuasan konsumen. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif,dengan metode yang berlandaskan pada pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitianHasil penelitian jugaa menujukan hasil efektif dengan penerapan konsep strategi pemasaran sustainable marketing enterprise (Value Architecture). Peningkatan pemasaran tersebut tidak terlepas dari peran manajemen dalam memahami lingkungan eksternal maupun internal, melakukan maintenance yang baik terhadap nasabah dan melakukan penetrasi pasar untuk memperluas segmentasi pasar yang dianalisis menggunakan teori kerangka kerja Sustainable Marketing Enterprise(SME).

Kata Kunci : Prinsip, Sustainable, dan Pemasaran Syariah.


Full Text:

PDF

References


Al Quran karim Al Hadist Saw.

BMT Al Fath, Website perusahaan, bmtalfath.com, 06 Januari 2021.

Crowe, S., Cresswell, K., Robertson, A., Huby, G., Avery, A., & Sheikh, A. 2011) The case study approach. BMC medical research methodology, 11(1), 100.

Diana, Refi, Analisis Efektifitas Penerapan Sustainable Marketing Enterprise (Value Architecture) dalam Meningkatkan Pengguna Produk IB Hasanah Card, Jurnal Sarjana Ekonomi Syariah, Universitas Trunojoyo Madura, 2017.

Dinas Koperasi Tangerang Selatan, 2019, Daftar Koperasi Daftar Koperasi di Tangerang Selatan.

Haig, M 2004, Brand Royalties: How the World’s top 100 Brand Thive and Survive. London and Sterling, VA: Kogan Page.

Kartajaya H, 2000, Marketing plus: Siasat memenangkan persaingan Global. Jakrta: Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kotler,P.,et al. 2004, Marketing, 6th ed. French Forest, NSW:Pearson Education Australia.

Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Cetakan keduapuluh dua, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purnomo, Cahya 2015, Industri Pelayaran Indonesia: Pendekatan DariSustainable Marketing Enterprice, Bahari Jogja, Volume XIII Nomor 21, Juli 2015.

Rismiati catur, Suratno Bondan, 2001, Pemasaran Barang dan Jasa Kanisius, Yogjakarta.

Subhan, Muhammad, 2018, Strategi Pemasaran Syariah Pada BMT Al Amanah Dalam meningkatkan Modal dan Penyaluran Pembiayaan, Ekbis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol 2 No 1 tahun UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Sugiyono, P. 2011. Metodologipenelitiankuantitatifkualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Tjiptono, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi ke-2 cetakan ke-5, Andy offset; Yogjakart.Abdul kadirHazlina, Rahmana Nasim,dan Masinaei Reza, Marketing ShariahJurnalInternasional,vol 2no1,2011).




DOI: https://doi.org/10.24853/ma.5.2.261-274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ichwan Arifin, Abdurrahman Misno Bambang Prawiro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.

width="127"   width="100" width="100" width="100" width="100"Road

Powered by Puskom-UMJ