Teknokomunikasi: Morfologi Masyarakat Multi Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24853/ma.2.1.119-136Abstract
Studi Media saat ini cukup mampu mengarus zaman dengan perubahan dan perkembangan lingkungan global. Selain media itu sendiri, termasuk pers, citizen journalisme, juga terkait masyarakat. Kemunculan media baru menghadirkan fenomena konvergensi media konfensional, dimulai dengan munculnya Internet dan akses komunikasi dengan kecepatan mobile sistem. Sehingga atas konvergensi dan kecepatan akses, media baru mampu membangun komunitas baru yang terangkum dalam masyarakat maya (virtual community). Perkembangan ini merupakan tantangan radikal bagi para teoritisi konfensional, karena komunikasi media baru didominasi oleh pendekatan komunikasi internasional (global interaction/transnasional). Fenomena tersebut, turut serta membangun morfologi baru bagi masyarakat. Di mana manusia memiliki ketergantungan terhadap alat (determinisme tecnology), juga lahirnya consumer society sebagai bentuk kemunculan realitas baru tersebut (konsekuensi mediamorfosis). Dalam teks-teks kekinian, media baru menjadi medium paling diminati karena jangkauannya mampu menggantikan efisensi waktu. Mengurai dari apa yang dijelaskan dalam konsep global village, juga network society, masyarakat kekinian mempraktikkan kehidupan di dunia serba terhubung (the connected world). Dari asusmi itu, media tidak hanya memproduksi pesan, melainkan menciptakan dunia baru yang disebut masyarakat multi sosial. Teknologi, pada akhirnya merupakan medium paling membelenggu atas kehidupan manusia kekinian.References
Baudrillard, Jean. The Consumer Society. London: Sage Publication, 1998
Castells, Manuel. The Rise of The Network Society. Oxford: Blackwell, 2001
Daniels, Christ. “Saturn Set a Virtual Scene” Marketing, 12 April, 2013
Dominick, Joseph R. The Dynamics of Mass Communications; Media in the Digital Age. New York: McGraw Hill, 2005
Ellul, Jacques. “Masyarakat Teknologi”, dalam Mangunwijaya, Y. B. 1993. Teknologi dan Dampak Kebudayaannya, Volume I. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Friedman, Thomas L. 2000. “The New System”, dalam The Lexus and the Olive Tree: Understanding Globalization, New York: Anchor Books, pp. 1-16.
Held, David & Anthony McGrew. 2003. “Understanding Globalization”, dalam The Global Transformations Reader (2nd ed.). Cambridge: Polity Press.
Huri, Agus Daman. Merancang Wisata Informasi. Yogyakarta: Kinasius, 2000
McLuhan, Marshall. Understanding Media: the Extention of Man. New York: Signet Book/ McGraw Hill, 1964
McQuail, Dennis & Steven Windahl, Communication Models for the Study of Mass Communication. New York: Longman, 1981
Ohmae, Kenichi. 1995. “The Cartographic Illusion”, dalam The End of the Nation State: The Rise of Regional Economies, New York: Free Press, pp. 7-20.
Putra, Dedi Kurnia Syah. Komunikasi CSR Politik. Jakarta: Prenada, 2015
Putra, Dedi Kurnia Syah. Media dan Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012
Thompson, John B. Studies in theTheory of the Ideology. California: UC Press, 1984
Tumenggung, Adeline M. Laba-Laba Media; Hidup Dalam Galaksi Media. Jakarta: LSPP, 2005
Wilson, Tony. Watching Television: Hermeneutics, Reception and Popular Culture. Cambridge: Polity Press,1993
Downloads
Published
Issue
Section
License
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.