Rekonstruksi Konsep Pendidikan dalam Islam
Abstract
Keberadaan Nabi Muhammad SAW, sebagai sosok individu yang mampu mengarahkan manusia dalam kurun waktu 23 tahun dengan hasil yang luar biasa, olehnya itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam lagi konsep pendidikan Islam dan istilah-istilah yang bermakna pendidikan dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis nabi SAW, sehingga membuka wawasan pemikiran akan fungsi dari pengistilahan ini dan melihat kedudukannya sebagai sumber dalil utama dan kedua.
Full Text:
RTFReferences
Zakiah Daradjat. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Omar Muhammad. (1979). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Abd. Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
HM. Arifin. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Ramayulis. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Samsul Nizar. (2001). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Jalaluddin & Abdullah. (2002). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Anmal Arief. Hasan Langgulung. (2008). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.
Rossidy Imron (2010). Analisi Komparatif tentang Konsep Pendidikan Anak Menurut Ibnu Qoyyim al-Jauzyah DAN Al-Ghazali: Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer. El-Qudwah, Jurnal Integrasi Sains dan Islam. Malang: LP2M.
Saleh, Abd. Rahman. (2006) Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zuhairin. (1995). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24853/ma.3.1.98-126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sri Widya Astri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.