Rekonstruksi Konsep Pendidikan dalam Islam

Authors

  • Sri Widya Astri Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/ma.3.1.98-126

Abstract

Keberadaan Nabi Muhammad SAW, sebagai sosok individu yang mampu mengarahkan manusia dalam kurun waktu 23 tahun dengan hasil yang luar biasa, olehnya itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam lagi konsep pendidikan Islam  dan istilah-istilah yang bermakna pendidikan dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis nabi SAW, sehingga membuka wawasan pemikiran akan fungsi dari pengistilahan ini dan  melihat kedudukannya sebagai sumber dalil utama dan kedua.

Author Biography

Sri Widya Astri, Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta

Institut Ilmu Al-Qur'an, Biro Akademik. 

References

Zakiah Daradjat. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Omar Muhammad. (1979). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Abd. Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

HM. Arifin. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Ramayulis. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Samsul Nizar. (2001). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Jalaluddin & Abdullah. (2002). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Anmal Arief. Hasan Langgulung. (2008). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.

Rossidy Imron (2010). Analisi Komparatif tentang Konsep Pendidikan Anak Menurut Ibnu Qoyyim al-Jauzyah DAN Al-Ghazali: Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer. El-Qudwah, Jurnal Integrasi Sains dan Islam. Malang: LP2M.

Saleh, Abd. Rahman. (2006) Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuhairin. (1995). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-02-05

Issue

Section

Articles