Rekonstruksi Konsep Pendidikan dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.24853/ma.3.1.98-126Abstract
Keberadaan Nabi Muhammad SAW, sebagai sosok individu yang mampu mengarahkan manusia dalam kurun waktu 23 tahun dengan hasil yang luar biasa, olehnya itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam lagi konsep pendidikan Islam dan istilah-istilah yang bermakna pendidikan dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis nabi SAW, sehingga membuka wawasan pemikiran akan fungsi dari pengistilahan ini dan melihat kedudukannya sebagai sumber dalil utama dan kedua.References
Zakiah Daradjat. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Omar Muhammad. (1979). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Abd. Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
HM. Arifin. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Ramayulis. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Samsul Nizar. (2001). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Jalaluddin & Abdullah. (2002). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Anmal Arief. Hasan Langgulung. (2008). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.
Rossidy Imron (2010). Analisi Komparatif tentang Konsep Pendidikan Anak Menurut Ibnu Qoyyim al-Jauzyah DAN Al-Ghazali: Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer. El-Qudwah, Jurnal Integrasi Sains dan Islam. Malang: LP2M.
Saleh, Abd. Rahman. (2006) Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zuhairin. (1995). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.