Page Header

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for SWATANTRA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

Sistematika penulisan dalam naskah:

 

JUDUL

Ditulis singkat, informatif, dalam Bahasa Indonesia. Huruf CAPITAL Times New Roman, font size 14, bold

 

Penulis

(Nama penulis disajikan lengkap tanpa gelar, Times New Roman 12).

 Afilisasi, nama dan alamat tempat penulis bekerja. Kota. Times New Romans 10

e-mail: penulis@alamat.com. Times New Roman 10

 

Abstrak (font size 12, bold)

Bagian ini memuat ringkasan riset/ kajian yang terdiri dari latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia yang panjangnya masing-masing antara 200-250 kata. Abstrak ditulis menggunakan spasi 1, Times New Romans, 10.

 Kata kunci: setidaknya terdiri dari 4 kata kunci yang disusun berdasarkan abjad (Times New Roman 10 pt, italic.) dan dipisahkan menggunakan ;

 

 ARTICLE TITLE IN ENGLISH (UPPERCASE, 12 pt, bold)

 

Abstract (font size 12, bold)

Written in English. This section contains a summary of the research consisted of background, research objectives, research methods, research results, and conclusions. Abstract followed by at least four keywords, written sequential alphabet. Abstract written by each length between 200-250 words. It should not contain any references or displayed equations. Abstract is written with Times New Roman font size 10 and single spacing.

Keywords: at least four keywords written sequential alphabetical, Times New Roman 10 pt, italic, and separate by ;


PENDAHULUAN (12 pt, bold)

Tidak menggunakan subjudul. Memuat penjelasan padat dan ringkas tentang latar belakang masalah dan tujuan dilakukannya penelitian, studi pustaka yang mendukung dan relevan, dan hipotesis penelitian.

Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia baku, atau bahasa Inggris dalam format 2 kolom menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 11, spasi 1.15 pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm). Batas marjin kiri 2,5 cm, batas marjin kanan 2,5 cm, batas marjin atas 3,5 cm dan batas marjin bawah 2,5 cm. Rata kiri – kanan (justified). Naskah ditulis tidak lebih dari 10-12 halaman termasuk daftar tabel dan daftar gambar di dalamnya.


METODE (12 pt, bold)

 Bagian ini menjelaskan disain metodologi penelitian yang digunakan,lokasi penelitian, populasi, sampel, sumber data, instrumen, pendekatan terhadap analisis data serta tehnik analisis/ uji statistik yang digunakan.


HASIL DAN PEMBAHASAN (12 pt, bold)

Bagian  ini  memuat  penjelasan  analisis data riset dan deskripsi statistik yang diperlukan  dan pembahasan temuan yang disajikan apa adanya tanpa pendapat penulis/ peneliti, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan argumentatif-interpretatif tentang jawaban terhadap hasil penelitian yang ditulis secara sistematis sesuai tujuan penelitian.

Tabel, grafik dan gambar dapat terbaca dengan jelas, mudah dipahami, dan proporsional. Isi Tabel ditulis menggunakan spasi 1 dan ukuran huruf 10 pt Times New Roman. Judul tabel (Times New Roman, 11pt) diletakkan di atas tabel dan judul gambar (Times New Roman, 11 pt) di bawah gambar, diberi nomor urut sesuai urutan pemunculannya.

Tabel dan atau gambar yang diacu dari sumber lain harus disebutkan, kecuali merupakan hasil penelitian penulisnya sendiri. Tabel, gambar dan grafik yang dicantumkan harus dibuat dalam resolusi yang tinggi sehingga memudahkan pencetakan dan menampilkan hasil yang baik.

Pembahasan tidak mengulang lagi hasil penelitian yang sudah dicantumkan dalam tabel maupun gambar, tetapi membahas lebih dalam mengenai makna hasil penelitian dan manfaatnya. Mohon diperhatikan, bahwa naskah akan dicetak dalam format hitam putih (grayscale).


SIMPULAN (12 pt, bold)

Merupakan simpulan penelitian, menjawab tujuan penelitian tanpa melampauinya, menjelaskan implikasi penelitian serta saran-saran yang diperlukan. Bagian simpulan ini ditulis dalam bentuk narasi.

Mohon diperhatikan bahwa pembahasan dalam Simpulan tidak mengulang lagi hasil penelitian yang sudah dicantumkan dalam tabel maupun gambar sehingga formatnya menjadi format jurnal dan bukan format laporan penelitian. Format jurnal lebih mengedepankan dan membahas lebih dalam mengenai hasil penelitian tersebut, bagaimana bisa terjadi seperti itu dan apa makna serta manfaatnya.

 

DAFTAR PUSTAKA (12 pt, bold) (kosong 1 ketuk spasi 1, font size 12)

Daftar acuan menggunakan sumber acuan jurnal enam puluh persen atau lebih dibanding bukan jurnal. Penulis artikel memperhatikan kemutakhiran sumber acuan. Sebaiknya sumber acuan yang digunakan adalah 10 tahun terakhir. Rujukan lama hanya dipakai jika belum ada penemuan baru yang menggantikannya.

Ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman 11 pt. Memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan naskah. Hanya sumber yang diacu yang dimuat dalam daftar acuan ini. Ditulis menggunakan format APA (American Psychological Association). Disusun menurut alfabetik, dengan ketentuan sebagai berikut:

a)      Untuk artikel jurnal: nama  pengarang, tahun, judul karangan, nama jurnal (italic), nomor penerbitan, halaman pertama dan terakhir.

b)      Untuk buku: nama pengarang, tahun terbit, judul (italic), edisi, kota penerbit, nama penerbit.

c)      Untuk artikel dalam buku: nama pengarang, tahun, judul karangan, judul buku (italic), editor, kota penerbit, nama penerbit.

d)      Untuk makalah yang diseminarkan: nama pengarang, tahun, judul karangan, nama seminar (italic), penyelenggara, waktu, tempat seminar.

 

Contoh penulisan Daftar Acuan dengan menggunakan format APA (American Psychological Association):

(https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/01/)

Jurnal:

Ulupui, I. G. K. A. (2007). Analisis pengaruh rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham (Studi pada perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol. 2. No. 1, Januari: 88 – 102.

 

Buku:

Wheelen, Thomas L. and J. David Hunger. (2012). Strategic management and business policy: achieving sustainability. Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

 

Artikel dalam buku:

Muckleston, KW. (1990). Integrated water management in the United States. Dalam M. Bruce (ed): Integrated water management, international experiences and perspectives. London: Belhaven Press.

 

Karangan dalam seminar:

Sunley, E. M, Baunsgaard, T, and Simard, D. (2002). Revenue from the oil and gas sector: issues and country experience. Post conference draft for IMF conference. June 5-6.

 

Penyerahan Naskah

Penulis harus menyatakan dalam formulir pernyataan bahwa artikel yang dikirimkan belum pernah atau tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal yang lain. Setiap artikel yang diterima akan melalui proses review oleh mitra bebestari dan atau dewan redaksi. Kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam review antara lain: (1) memenuhi persyaratan standar publikasi jurnal, (2) metodologi yang dipakai, dan (3) manfaat hasil riset/ kajian terhadap pengembangan Ilmu Komunikasi terutama Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis di Indonesia.

Dewan Redaksi mempunyai hak untuk mengubah dan memperbaiki ejaan, tata tulis dan tata bahasa naskah yang dimuat. Dewan Redaksi berhak untuk menolak naskah yang isi dan formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan naskah Jurnal SWATANTRA dan redaksi tidak berkewajiban untuk mengembalikan naskah tersebut. Namun apabila isi dari naskah disetujui untuk dimuat tetapi format tidak sesuai dengan pedoman penulisan, maka naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk penyesuaian format sesuai dengan pedoman penulisan. Dewan Redaksi berhak menolak naskah ilmiah yang dianggap tidak layak muat di Jurnal SWATANTRA.


Dewan Redaksi

Jurnal SWATANTRA

Program Studi Ilmu Administrasi Publik dan Magister Ilmu Administrasi

Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat Tangerang Selatan 15419

Indonesia

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Powered by Puskom-UMJ