INOVASI LAYANAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA (SIPKUMHAM)

Dwiky Lucky Adiyasha

Abstract


Pemerintah Indonesia telah membentuk berbagai mekanisme atau institusi untuk menangani urusan-urusan hukum dan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia telah melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan informasi permasalahan hukum dan hak asasi manusia bagi masyarakat. Inovasi yang dimaksud yaitu dengan membangun Sistem Informasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (SIPKUMHAM) yang mampu memberikan data dan informasi secara akurat, dapat diandalkan, relevan, dan cepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana inovasi layanan informasi melalui SIPKUMHAM. Penelitian ini menggunakan teori inovasi Rogers yang memiliki lima indikator, yaitu keunggulan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dankemudahan diamati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi pustaka menggunakan metode kajian literatur berdasarkan pada eksplorasi literatur dari hasil kajian-kajian terdahulu. Temuan dari penelitian ini yaitu inovasi yang dilakukan telah sesuai dengan indikator-indikator teori inovasi Rogers, salah satunya indikator Kesesuaian (Compability) bahwa inovasi berupa berbasis big data sudah memanfaatkan teknologi sesuai perkembangan zaman dan mudah digunakan oleh masyarakat umum.


Keywords


Inovasi; Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia; SIPKUMHAM

Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Adianto, H. A. dan G. M. (2020). Adopsi Inovasi : Local Value Sebagai Faktor Pendorong Di Kawasan Minapolitan Kabupaten Kampar. Jurnal Niara, Volume 13.

Dharmanu, I. P. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E- Government di Kota Denpasar. Jurnal ADHUM,VII(2),93.

https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004

Ida Wantri Hastuti, S. S. (2018). Analisis Inovasi Pelayanan Perizinan Jemput Bola di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan

Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang.

Putra, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health di Kota Surabaya) Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–

https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004

Ronnyta, R. V. (n.d.). Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Si-Imut Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang 1–15.

Buku :

Creswell, W. J. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, ed. ke-3. Terjemahan: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.

Noor, I. (2013). Desain Inovasi Pemerintahan Daerah (Pertama). Ub Press.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Pelayanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovation (5th Edition). New York: Free Press.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik.

Jakarta: STIA-LAN Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.1.27-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licens

 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ