MOTIVASI DALAM MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DI DINAS TATA RUANG KABUPATEN TANGERANG

Chairul Rahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran organisasi dalam menumbuhkembangkan motivasi pelayanan publik di DTRB Kabupaten Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif,unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai DTRB Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui motivasi pelayanan public di DTRB Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan motivasi pelayanan publik di DTRB Kabupaten Tangerang diukur Kabupaten Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif,unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai DTRB Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui motivasi pelayanan public di DTRB Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan motivasi pelayanan publik di DTRB Kabupaten Tangerang diukur berdasarkan empat dimensi perry masih kurang. Oleh karena itu perlu peran organisasi untuk menumbuhkembangkan motivasi pelayanan publik beberapa diantaranya pemberian reward dan punishment kepada pegawai, pegawai di dorong untuk mengemukakan konflik dan kritik secara terbuka , pegawai diberika sarana dan prasarana untuk menunjang pekerjaan, menetapkan SOP dalam setiap program ,dan pimpinan perlu memperbesar peluang promosi.

Keywords


Motivasi Pelayanan Publik;DTRB;Kualitas

Full Text:

PDF

References


http://logowa.ui.ac.id/w/287_pentingnya-sdm-yang-berkualitas-dalam-pemerintahan/ http://dwimirani.unsri.ac.id/index.php/posting/31 http://tentangpelayananpublik.blogspot.com/

Nazaruddin, 2012. Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Maros. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Notoatmodjo,Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta Pratomo, Heru Yogo, Yeasy Darmayanti, Dandes Rifa. “Pengaruh Public Service Motivation, Individual Job Satisfaction Dan Organization Citizenship Of Behavior Terhadap Kinerja Di Lingkungan Pemko Padang”.

Perry, James L..”Measuring Public Service Motivation An Assessment Of Construct Realibility and Validity”. Journal of Public Administration Research and Theory (J-PART). Volume 6 No.1.p 5-23.

Puput Tri Komalasari, Moh. Nasih, dan Teguh Prasetio. “Pengaruh Public Service Motivation Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Organisasi Pemerintahan”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 2009.

Purwanto, dyah Ratin Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media.

Rusfa, Ananda Amalia. 2014. Motivasi Kerja Pegawai Kantor Kecamatan Panakkukang Dalam Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi).Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sunyoto, Danang dan Burhanudin. 2011. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CapsSuwatno, Donni Juni Priansa. 2013. Manajemen SDM dalam Organisai Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syamsir dan Muhammad Ali Embi. “Urugensi Public ServiceMotivation dalam Mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima”. Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011. Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gita Media Press.

Yudiatmaja, Wayu Eko. 2012. Dinamika Administrasi Negara Kontemporer (Konsep dan Isu). Yogyakarta: Capiya Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.127-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licens

 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ