INOVASI LAYANAN SKRINING PENYAKIT TIDAK MENULAR PENYEBAB KEMATIAN (SI-IMUT)
Abstract
Penyakit Tidak Menular (PTM) menyumbang 74% penyebab kematian di dunia, 66 % kematian di Indonesia. Kematian akibat PTM dapat dicegah dengan skrining kesehatan. Skrining kesehatan harus mudah diakses oleh warga Jakarta yang sibuk, dengan waktu yang dapat menyesuaikan, sehingga dibutuhkan kemudahan dengan program atau aplikasi kesehatan. Aplikasi SI-IMUT (Skrining Integrasi Masyarakat Taman Sari) diciptakan untuk melakukan terobosan pelaksanaan skrining kesehatan yang terintegrasi dan mudah diakses oleh warga DKI Jakarta untuk mengatasi kelemahan proses skrining yang kurang praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi layanan aplikasi SI-IMUT di Puskesmas Kecamatan Taman Sari. Penelitian ini menggunakan teori atribut keberhasilan inovasi oleh Bugge at al. (2018), dengan enam indikator meliputi tata kelola inovasi, sumber ide-ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat-alat, tujuan, hasil, dorongan dan hambatan, mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal menggunakan teknik purposive. Metode penelitian Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah aplikasi SI-IMUT terbukti berhasil menurunkan angka kematian dini akibat PTM di Kecamatan Taman Sari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal:
WS Fristy (2021), Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 19(1), 84-94. http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v19i1.7967
M. Mahendradi dan A. Ardiyansah (2022), Pemanfaatan E-Government Berbasis Website Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang), Gema Publica, 7(1), 197-211. https://doi.org/10.14710/gp.7.1.2022.197-211
Najdah dan Nurbaya (2021). Inovasi Pelaksanaan Posyandu Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kualitatif di Wilayah Kerja Puskesmas Campalagian, Jurnal Kesehatan Manarang, 1(khusus), 67-76. https://doi.org/10.33490/jkm.v7iKhusus.548
Pratiwi, D. K. (2021). Inovasi Pemerintah Daerah dalam Penanganan Covid di Indonesia, Amnesti Jurnal Hukum, 3(1), 37-52. https://doi.org/10.37729/amnesti.v3i1.929
AY Asmara, AYS Rahayu (2019). Inovasi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron Di Kabupaten Banyuwangi Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik, Journal of Public Sector Innovation, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.26740/jpsi.v3n2.p57-67
Buku:
Ardianto, Elvinaro (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa rekatama media.
Hardiyansyah (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Hasibuan, Z.A. and Santoso, H.B., (2005). Standardisasi Aplikasi E-Government Untuk Instansi Pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB. Bandung: ITB.
Larasati, Endang (2015). Inovasi Pelayanan Publik Bidang Perijinan di Kabupaten Kudus. Semarang: UNDIP LAW PRESS.
Masdar, Sjahrazad, Jusuf Irianto dan Sulikah Asmorowati (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Untuk Pelayanan Publik. Surabaya: Airlangga University Press.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih (2013). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Said, M. Mas’ud (2007). Birokrasi di Negara Birokratis. Malang: UMM Press.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2011). Service, Quality and satisfaction, edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, 2021, Pengumuman Nomor: B/112/PP.00.05/2021 tentang Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2021. Tanggal 16 Juli 2021.
DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.133-148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
My Stats