IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID RAMAH ANAK DI MASJID ASY SYUHADA KOTA BONTANG KALIMANTAN TIMUR

Renny Anggarani Nur Prasasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pengelolaan salah satu masjid di kota Bontang, Kalimantan Timur yaitu Masjid Asy Syuhada, yang menjalankan program Masjid Ramah Anak didasarkan pada buku Panduan Masjid Ramah Anak dari Dewan Masjid Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis atau pendekatan penelitian yang berupa Studi Kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Masjid Asy Syuhada Dalam konteks Masjid Ramah Anak, sudah sesuai dengan konsep yang dibuat oleh DMI, yaitu kriteria 1) Adanya kebijakan dari pengelola dan 2) SDM yang sudah terlatih KHA 3) Komponen mengaji dan aktifitas anak yang berbasis masjid; 4) Sarana dan prasarana ramah anak; 5) Memanfaatkan waktu luang anak berbasis masjid; 6) Pengembangan kreativitas seni dan budaya bagi jamaah anak; 7) Layanan kesejahteraan keluarga dan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak; 8) Partisipasi anak, orang tua, dunia usaha, dan media.


Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pengelolaan salah satu masjid di kota Bontang, Kalimantan Timur yaitu Masjid Asy Syuhada, yang menjalankan program Masjid Ramah Anak didasarkan pada buku Panduan Masjid Ramah Anak dari Dewan Ma

Full Text:

PDF

References


Burde, Dana, Joel A. Middleton, and Rachel Wahl. 2015. “Islamic Studies as Early Childhood Education in Countries Affected by Conflict: The Role of Mosque Schools in Remote Afghan Villages.” International Journal of Educational Development 41: 70–79. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.10.005.

Chamadi, M.R; Kuntarto; Fauzi, A. (2020). Revitalisasi Pengelolaan Masjid Ramah Anak, Ramah Disabilitas dan Ramah Lingkungan. Masjid Kampus Nurul Ulum, Universitas Jenderal Soedirman. Dalam Prosiding Webinar Ilmiah Masjid II-1442 H/2020M. Sinergi Masjid dan Komunitas dalam membangun kemandirian Bangsa Menghadapi Dunia Pasca Pandemi. Kerjasama AMKI & YPM Salman ITBDewan Masjid Indonesia (DMI). (2019). Mewujudkan Indonesia Layak Anak Pada Tahun 2030. PP DMI

Jannah, R.R., & Jazariyah, J. (2016). Internalisasi nilai-nilai agama pada anak usia dini melalui redesain Masjid Besar Jatinom Klaten. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1),15-28.

Jones, Charles O. 1994. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy), Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada

Musyanto, M.H & Zakiyudin, I. (2021). Implementasi Manajemen Masjid Ramah Anak di Masjid Ar Rahmah Perak Utara Surabaya. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 4(1), 15-20. http://dx.doi.org/10.52833/masjiduna.v4il.77

Pakpahan, R. (2018). Konsep masjid ramah anak da-lam pandangan Badan Kemakmuran Masjid (BKM). Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(2), 343-372.

Sözeri, Semiha, Hülya Kosar-Altinyelken, and Monique Volman. 2019. “Mapping Discourses on Mosque Education in the Netherlands: A Content Analysis of the Dutch Press, 2010– 2016.” Discourse 40 (3): 358–71. https://doi.org/10.1080/01596306.2017.1316705

Jurnalislam.com. (25 Juni 2019). Kenalkan Tempat Ibadah Sejak Dini, Kemenag : Jangan Usir Anak dari Masjid. Diakses pada tanggal 13 juli 2022 dari https://jurnalislam.com/kenalkan-tempat-ibadah-sejak-dini-kemenag-jangan-usir-anak-dari-masjid/

Antaranews.com. (27 Februari 2020). Ketum DMI Jusuf Kalla : Jumlah Masjid Indonesia terbanyak di dunia. Diakses pada 22 juli 2022 dari https://www.antaranews.com/berita/1323622/ketum-dmi-jusuf-kalla-jumlah-masjid-indonesia-terbanyak-di-dunia.

Timeindonesia.co.id. (30 Oktober 2020). Masjid Asy Syuhada Bangga Menjadi Bagian Program Masjid Ramah Anak. Diakses pada 22 juli 2022 dari https://www.timesindonesia.co.id/read/news/306804/masjid-asy-syuhada-bangga-menjadi-bagian-program-masjid-ramah-anak.




DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.169-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licens

 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ