IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA NOMOR 22 TAHUN 2019 TENTANG GERAKAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Yolanda Isroyanti

Abstract


Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai mitra pemerintah mempunyai tugas untuk pemenuhan kebutuhan dasar sehingga terwujudnya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. PKK bertugas untuk merangkul dan membina masyarakat, sehingga semua kalangan masyarakat dapat merasakan hasil dari pembangunan. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pemberdayaan keluarga dan pembangunan masyarakat, mulai dari tingkat provinsi hingga kelompok dasawisma yang pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat. Program dan kegiatan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat serta sejalan dengan program Pemerintah. Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra strategis pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki program- program prioritas yang manfaatnya diharapkan bisa langsung dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Dalam implementasi program PKK yang menggerakkan setiap orangtua untuk jadi orangtua pembelajar dan orang tua hebat. Hal ini sejalan dengan salah satu fokus program / kegiatan PKK. Pencapaian Program PKK dapat dilihat banyaknya perkembangan yang terwujud dari progam PKK DKI dalam mensejahterahkan keluarga. 


Keywords


Implementasi; Kebijakan Publik; PKK

Full Text:

PDF

References


Marhayani Dkk. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Kader Tp Pkk . Journal Of Economics And Business Aseanomics (JEBA), 20-37.

Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Asriandi Desi. (2017). Peran PKK Di Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Desa Muara Bengkal Ilir Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur,. Ejournal.Ip.Fisipunmul.Ac.Id.

Edi, S. (2004). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Fadjriah Hapsari Dkk. (2017). Efektivitas Kelembagaan Sosial Masyarakat Dalam Pemberdayaan Wanita Dan Keluarga Di Kelurahan Uarga Di Kelurahan. Journal Of Applied Business And Economics, 266-276.

Hadiningsih, R. R. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Pkk Studi Pada Aktivis Pkk Di Dasawisma Dahlia,Kelurahan Ragunan,Jakarta Selatan. Skripsi, 1-131.

Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik. Semarang: Widya Karya.

Hanjar. (2016). Kepemimpinan Strategik. Jakarta: Kementerian Pertahanan RI Badan Pendidikan Dan Pelatihan.

Indarwati, R. (2017). Strategi Pelaksanaan Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuandi Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 861-872.

Ludovikus Bomans Wadu. (2018). Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Negara Melalui Program Pokok PKK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 62-71.

Mardikanto Dan Soebiato. (2015). Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Pathony, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Kabupaten Subang. International Journal Of Demos, 262-289.

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. (2022, Febuari 04). Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta. Diambil Kembali Dari Https://Pkk.Jakarta.Go.Id/: Https://Pkk.Jakarta.Go.Id/Ketua-Tp-Pkk/

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistiyani. (2004). Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Triyatna, T. (2012). Elaksanaan Koordinasi Oleh Kepala Desa Dalam Upaya Mencapai Efetivitas Penyusunan Program Pembangunan Di Desa Ranji Wetan Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Volume V No 2 Juli - Desember 2012, 1-31.




DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.213-220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licens

 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ