Branding Islam dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah
Abstract
Minat masyarakat kepada praktik ekonomi syariah di Indonesia terlihat menggembirakan, terlihat dari banyaknya pertumbuhan lembaga bisnis dengan prinsip Syariah seperti Perbankan Syariah, hingga sektor bisnis Perhotelan Syariah, salahsatunya BMT Amanah Syariah di Kota Bekasi. Fakta menariknya, sebagian nasabah tidak memahami prinsip muamalah dalam keuangan syariah ketika memutuskan menjadi nasabah. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh branding Islam dan religiusitas individu terhadap keputusan dalam menggunakan produk bank syariah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan verifikatif, dilakukan selama Desember 2019- Januari 2020, Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara singkat dengan narasumber, didukung dokumen dan referensi dari buku-buku, jurnal dan informasi lain. Hasil Penelitian diperoleh Branding Islam dan Nilai Religiusitas berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah dalam memutuskan penggunaan produk keuangan syariah di BMT Amanah Syariah. Dari hasil olah data SPSS uji F, diketahui bahwa Hipotesis aternatif diterima artinya Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen (Y). Kemudian juga diketahui bahwa Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2) memberikan pengaruh sebesar 39,5% terhadap Keputusan Konsumen (Y). Sedangkan sisanya sebesar 60,5% merupakan kontribusi faktor lain diluar Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M.Yusuf, Ensiklopedi Tematis Ayat Al-Quran dan Hadits, Widya Cahaya, Jakarta, 2018. Jilid 1
Cholil, Akmal. M, 101 Branding Ideas, Quadrant, Yogyakarta, 2018
Cornelissen, Joep. 2011. Corporate Communication A Guide to Theory and Practice, 3rd Edition. London: Sage.
Davis, Melissa: The Fundamentals of Branding, AVA Publishing, Singapore, 2009
Dennhardt, Severin, User-Generated Content and its Impact on Branding, Springer Gabler, Austria, 2014
Griffin, Em,. A First Look At Communication Theory,. 8th ed, McGraw-Hill Published, New York 2012
Kamaluddin, Laode, Cerdas Bisnis Cara Rasulullah, Cetakan Ke-3, Penerbit Rich Muslim Adikarya Bangsa, Jakarta, 2010
Kotler,P, Keller,K.L, Marketing Management, Pearson Education, Inc., England, 2016.
Kurnia, Eddy, Komunikasi Dalam Pusaran Kompetensi, Cetakan-1, Penerbit Republika, Jakarta. 2010
Littlejohn, Stephen W, & Foss, Karen, Teori Komunikasi, Edisi Ke-9, Salemba Humanika, Jakarta, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif ,Dan R&D. Bandung : CV Alfabeta , 2010
Temporal, Paul,.”Islamic Branding And Marketing. Creating A Global Islamic Business” John Wiley & Sons (Asia) Pte. Ltd. Solaris Tower, Singapore. 2011
Wahjono, Sentot Imam. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu 2010
Yuswohady, Marketing To The Middle Class Muslim, Cetakan ke-2, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015
Hardius, Usman (2015) Customers Trust on Islamic Banks in Indonesia, The Journal of Asian Finance, Economic and Bussines Vol 2.No 1 pp 5-13
Mehran Najmaeia, Shaheen Mansoorib, Zukarnain Zakariac, Markus
Raueiserd (2017) Marketing from Islamic Perspective, Tapping into the Halal Market, Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, Vol. 1, Issue 5 53-62
Alserhan, B. A., Althawadi, O. M. & Boulanouar, A. W. (2016) Theories of Islamic marketing. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 1, 297-304.
Thomson Reuters, State of the Global Islamic Economy Report 2016-2017, Dubai, 2016
Sudarmawan Samidi, Dety Nurfadilah, Abdul Rivai, Suharto (2016) The Impact Of Islamic Branding On Consumer’s Attitude Towards Soft Drink Product In Malaysia, Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE) Vol. 2: no. 5 (2016) page 66–77
DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v2i1.6197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship
BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |