Branding Islam dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah

Imam Santoso, Sa'diyah El Adawiyah

Abstract


Minat masyarakat kepada praktik ekonomi syariah di Indonesia terlihat menggembirakan, terlihat dari banyaknya pertumbuhan lembaga bisnis dengan prinsip Syariah seperti Perbankan Syariah, hingga sektor bisnis Perhotelan Syariah, salahsatunya BMT Amanah Syariah di Kota Bekasi. Fakta menariknya, sebagian nasabah tidak memahami prinsip muamalah dalam keuangan syariah ketika memutuskan menjadi nasabah. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh branding Islam dan religiusitas individu terhadap keputusan dalam menggunakan produk bank syariah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan verifikatif, dilakukan selama Desember 2019- Januari 2020, Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara singkat dengan narasumber, didukung dokumen dan referensi dari buku-buku, jurnal dan informasi lain. Hasil Penelitian diperoleh Branding Islam dan Nilai Religiusitas berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah dalam memutuskan penggunaan produk keuangan syariah di BMT Amanah Syariah. Dari hasil olah data SPSS uji F, diketahui bahwa Hipotesis aternatif diterima artinya Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen (Y). Kemudian juga diketahui bahwa Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2) memberikan pengaruh sebesar 39,5% terhadap Keputusan Konsumen (Y). Sedangkan sisanya sebesar 60,5% merupakan kontribusi faktor lain diluar Branding Islam (X1) dan Religiusitas Individu (X2).


Keywords


Branding; Islam; Keputusan; Religiusitas; Syariah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M.Yusuf, Ensiklopedi Tematis Ayat Al-Quran dan Hadits, Widya Cahaya, Jakarta, 2018. Jilid 1

Cholil, Akmal. M, 101 Branding Ideas, Quadrant, Yogyakarta, 2018

Cornelissen, Joep. 2011. Corporate Communication A Guide to Theory and Practice, 3rd Edition. London: Sage.

Davis, Melissa: The Fundamentals of Branding, AVA Publishing, Singapore, 2009

Dennhardt, Severin, User-Generated Content and its Impact on Branding, Springer Gabler, Austria, 2014

Griffin, Em,. A First Look At Communication Theory,. 8th ed, McGraw-Hill Published, New York 2012

Kamaluddin, Laode, Cerdas Bisnis Cara Rasulullah, Cetakan Ke-3, Penerbit Rich Muslim Adikarya Bangsa, Jakarta, 2010

Kotler,P, Keller,K.L, Marketing Management, Pearson Education, Inc., England, 2016.

Kurnia, Eddy, Komunikasi Dalam Pusaran Kompetensi, Cetakan-1, Penerbit Republika, Jakarta. 2010

Littlejohn, Stephen W, & Foss, Karen, Teori Komunikasi, Edisi Ke-9, Salemba Humanika, Jakarta, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif ,Dan R&D. Bandung : CV Alfabeta , 2010

Temporal, Paul,.”Islamic Branding And Marketing. Creating A Global Islamic Business” John Wiley & Sons (Asia) Pte. Ltd. Solaris Tower, Singapore. 2011

Wahjono, Sentot Imam. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu 2010

Yuswohady, Marketing To The Middle Class Muslim, Cetakan ke-2, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015

Hardius, Usman (2015) Customers Trust on Islamic Banks in Indonesia, The Journal of Asian Finance, Economic and Bussines Vol 2.No 1 pp 5-13

Mehran Najmaeia, Shaheen Mansoorib, Zukarnain Zakariac, Markus

Raueiserd (2017) Marketing from Islamic Perspective, Tapping into the Halal Market, Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, Vol. 1, Issue 5 53-62

Alserhan, B. A., Althawadi, O. M. & Boulanouar, A. W. (2016) Theories of Islamic marketing. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 1, 297-304.

Thomson Reuters, State of the Global Islamic Economy Report 2016-2017, Dubai, 2016

Sudarmawan Samidi, Dety Nurfadilah, Abdul Rivai, Suharto (2016) The Impact Of Islamic Branding On Consumer’s Attitude Towards Soft Drink Product In Malaysia, Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE) Vol. 2: no. 5 (2016) page 66–77




DOI: https://doi.org/10.54268/baskara.v2i1.6197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship


BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Indexed By:

Sinta Dikti Garuda Google Scholar Dimensions.ai E-ISSN Official for BASKARA


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN: 2623-0089 ).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ