Peran Pemuda Tani Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Tingkat Petani (Kasus di Kabupaten Magelang)

Puji Hartati, Susanto Susanto

Abstract


Penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemuda tani  mengubah perilaku tentang Cara menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan  Corona Virus Disease-19.  Penelitian dilakukan dengan  pretest dan posttest tanpa menggunakan kontrol. Populasi adalah Kelompok Tani di Kecamatan Ngablak,  sebagai kelas belajar dipilih Kelompok Tani Bumi Lestari. Responden akan diberi penyuluhan tentang 7 (tujuh) cara menjaga kebersihan diri sesuai standar World Health Organization. Metode penyuluhan yang digunakan adalah dengan pendekatan individu/anjangsana. Analisis data menggunakan Uji Gain Ternormalisasi (N-Gain). Hasil analisis  N-Gain Score 0,5 (ketegori sedang). menunjukkan bahwa upaya penyuluhan yang dilakukan menghasilkan perubahan perilaku pada kategori sedang.

Keywords


pemuda tani; menjaga kebersihan diri; penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Ahmad. (2010). Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Anonim, (2020). Peluang dan Dampak Terhadap Sektor Pertanian. Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan

Anonim, (2020). Kabar Gembira, 26 PDP dan Satu Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Magelang Membaik. BERITA MAGELANG TGL 03 April 2020 21:13 http://beritamagelang.id/kabar-gembira-26-pdp-dan-satu-pasien-positif-covid-19-kabupaten-magelang-membaik

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1999). Analyszing Change/Gain Score Woodland Hills Dept.of Physics. Indiana University. [Online]. Retrieved: https://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf [Maret, 2020].

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pasangka, A.R. 2020. Penaggulangan Virus Covid-19 Antara Hak dan Kewajiban| manadopost.id. Retrieved 14 April 2020, from http://manadopost.id/read/2020/03/23/PENANGGULANGAN-VIRUS-COVID-19-ANTARA-HAK-DAN-KEWAJIBAN/66910

Peter Oakley P., and Garforth C. 1983. Reading, United Kingdom. Individual methods of extension Group methods of extension Types of group extension methods http://www.fao.org/3/t0060e/T0060E07.htm

Reynawati, A., & Purnomo, T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. PENDIDIKAN SAINS, 6(02).

Rogers, Everett M., (1995), Diffusions of Innovations Forth Edition, New York: Tree Press

Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.

Sahid, R., 2017. Cara menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSShttps://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta,

Sumardi, S., (1998). Metode Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Mediyatama,

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suradisastra, K. (2011). Revitalisasi Kelembagaan untuk Mempercepat Pembangunan Sektor Pertanian dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian, 4(2).

Surudhi, M., Asokhan, M., & Arunachalam, R. (2018). Utilization pattern of extension tools and methods by Agricultural Extension Agents. Journal of Extension Education, 29(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.107-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship Indexed By:

  gs 


Copyright of Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship (e-ISSN:2623-0089).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Powered by Puskom-UMJ