Peran Pemuda Tani Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Tingkat Petani (Kasus di Kabupaten Magelang)

Authors

  • Puji Hartati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta, Magelang
  • Susanto Susanto Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta, Magelang

DOI:

https://doi.org/10.54268/baskara.v2i2.6241

Keywords:

pemuda tani, menjaga kebersihan diri, penyuluhan

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemuda tani  mengubah perilaku tentang Cara menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan  Corona Virus Disease-19.  Penelitian dilakukan dengan  pretest dan posttest tanpa menggunakan kontrol. Populasi adalah Kelompok Tani di Kecamatan Ngablak,  sebagai kelas belajar dipilih Kelompok Tani Bumi Lestari. Responden akan diberi penyuluhan tentang 7 (tujuh) cara menjaga kebersihan diri sesuai standar World Health Organization. Metode penyuluhan yang digunakan adalah dengan pendekatan individu/anjangsana. Analisis data menggunakan Uji Gain Ternormalisasi (N-Gain). Hasil analisis  N-Gain Score 0,5 (ketegori sedang). menunjukkan bahwa upaya penyuluhan yang dilakukan menghasilkan perubahan perilaku pada kategori sedang.

References

Ahmadi, Ahmad. (2010). Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Anonim, (2020). Peluang dan Dampak Terhadap Sektor Pertanian. Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan

Anonim, (2020). Kabar Gembira, 26 PDP dan Satu Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Magelang Membaik. BERITA MAGELANG TGL 03 April 2020 21:13 http://beritamagelang.id/kabar-gembira-26-pdp-dan-satu-pasien-positif-covid-19-kabupaten-magelang-membaik

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1999). Analyszing Change/Gain Score Woodland Hills Dept.of Physics. Indiana University. [Online]. Retrieved: https://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf [Maret, 2020].

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pasangka, A.R. 2020. Penaggulangan Virus Covid-19 Antara Hak dan Kewajiban| manadopost.id. Retrieved 14 April 2020, from http://manadopost.id/read/2020/03/23/PENANGGULANGAN-VIRUS-COVID-19-ANTARA-HAK-DAN-KEWAJIBAN/66910

Peter Oakley P., and Garforth C. 1983. Reading, United Kingdom. Individual methods of extension Group methods of extension Types of group extension methods http://www.fao.org/3/t0060e/T0060E07.htm

Reynawati, A., & Purnomo, T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. PENDIDIKAN SAINS, 6(02).

Rogers, Everett M., (1995), Diffusions of Innovations Forth Edition, New York: Tree Press

Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.

Sahid, R., 2017. Cara menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSShttps://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta,

Sumardi, S., (1998). Metode Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Mediyatama,

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suradisastra, K. (2011). Revitalisasi Kelembagaan untuk Mempercepat Pembangunan Sektor Pertanian dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian, 4(2).

Surudhi, M., Asokhan, M., & Arunachalam, R. (2018). Utilization pattern of extension tools and methods by Agricultural Extension Agents. Journal of Extension Education, 29(2).

Downloads

Published

2020-04-23