PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA OPERASI PADA MATRIKS

Dinah Irfani Safaras Hapsari, Syariful Fahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu guna mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi operasi pada matriks yang layak untuk digunakan. Dalam melakukan pengembangan, peneliti memakai model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa SMK Muhammadiyah Kretek kelas XI. Angket digunakan sebagai instrumen penelitian. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk aplikasi android yang memuat tentang operasi pada matriks. Hasil penelitian diperoleh nilai dari ahli materi adalah 93,18%, nilai dari ahli media adalah 88,59%, penilaian dari siswa adalah 83,18%, sehingga diperoleh persentase gabungannya adalah 88,32%. Berdasarkan persentase tersebut dapat dikatakan media pembelajaran interaktif yang dihasilkan sangat layak digunakan dalam proses belajar.


Keywords


Media Pembelajaran; Android; Matematika

Full Text:

PDF

References


Effendi, Darwin dan Achmad Wahidy. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125-129.

Ekayani, Ni Luh Putu. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Hera, Rufa, Khairil dan Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Mu mmadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2).

Islam, Muh Suhuddinul dan Syariful Fahmi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).

Lubis, Isma Ramadhani dan Jaslin Ikhsan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.

Malihatuddarojah, Dewi, dan Rully Charista Indra Prahmana. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8.

Pertiwi, Wiyana. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Smk Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821-831.

Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sumaryanta, Nanang Priatna, dan Sugiman. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543-557.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tasya, Resti Naila Nayara, Elfia Sri Rahayu, dan Wahyu Hidayat. (2018). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Siswa SMK Pada Materi Matriks dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1851-1853.

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel, dan Ketut Pudjawan. 2014.

Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yektyastuti, Resti, dan Jaslin Ikhsan. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ