PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT

Nicken Nilamsari, Erna Puji Astutik

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena siswa di SMP Negeri 3 Waru tidak memahami informasi penting yang terdapat dalam soal dan kesusahan dalam memahami masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini ada1ah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masa1ah matematika pada materi SPLDV ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Terdapat 3 jenis proses berpikir, yaitu proses berpikir konseptual, semi konseptual, dan komputasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik purposive sampling digunakan o1eh peneliti untuk mengumpu1kan sampe1, yakni 2 siswa dengan skor tertinggi pada gaya;kognitif field dependent. Peneliti menggunakan tes dan wawancara untuk mengumpulkan data. Pada penelitian ini, instrument yang digunakan adalah tes pemecahan masalah yang terdiri dari 2 soal dalam materi SPLDV dan wawancara untuk 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Teknik ana1isis data yang digunakan ialah teknik analisis data oleh Miles dan Huberman. Triangulasi waktu digunakana untuk mendapatkan keabsahan data dengan membandingkan hasil tes dan wawancara pada tahap 1 dan tahap 2. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya kognitif field dependent melalui proses berpikir semi konseptual pada sebagian besar tahapan pemecahan masalah.

Keywords


Proses Berpikir, Gaya Kognitif, Field Dependent

Full Text:

PDF

References


Hidayat, A., Sa, C., & Sulandra, L. M. 2019. Proses Berpikir Siswa Fie1d Dependent da1am Menye1esaikan Masa1ah Geometri Berdasarkan Tahapan Po1ya. Jurna1 Pendidikan : Teori, Pene1itian, Dan Pengembangan, 4(7), 923–937.

Kafiar, E., Kho, R., & Triwiyono. 2015. Proses Berpikir Siswa SMA Da1am Memecahkan Masa1ah Matematika Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Fie1d lndependentdan Fie1d Dependent. Jurna1 l1miah Matematika Dan Pembe1ajaran, 2(1), 48–63.

Kusaeri, Lailiyah, S., Arrifadah, Y., & Hidayati, N. 2018. Proses Berpikir Siswa da1am Menyelesaikan Masa1ah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan lnformasi. Suska Journa1 of Mathematics Education, 4(2), 125–141.

Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. 2020. Ana1isis Proses Berpikir Siswa da1am Menye1esaikan Soa1 HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurna1 Review Pembe1ajaran Matematika, 5(1), 40–52. https://doi.org/1o.15642/jrpm.2020.5.1.40-52

Ngilawajan, D. A. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA da1am Memecahkan Masa1ah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Fie1d lndependent dan Fie1d Dependent. PEDAGOGlA: Jurna1 Pendidikan, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Nursha, G., Mirza, A., & Bistari. 2017. Proses Berpikir Siswa da1am Menye1esaikan Soa1 Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Kubus dan Ba1ok. Jurna1 Pendidikan Dan Pembe1ajaran Khatu1istiwa, 6(7), 1–7.

Polya, G. 1973. How To So1ve lt : A New Aspect of Mathematica1 Method (2nd ed.). Princeton, New Jersey : Princeton University Press.

Prabawa, E. A., & Zaenuri. 2017. Ana1isis Kemampuan Pemecahan Masa1ah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Mode1 Project Based 1earning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journa1 of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Slameto. 2010. Be1ajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT RlNEKA ClPTA.

Vendiagrys, L., & Junaedi, L. 2015. Ana1isis Kemampuan Pemecahan Masa1ah Matematika Soa1 Setipe TlMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembe1ajaran Mode1 Prob1em Based 1earning. Unnes Journa1 of Mathematics Education Research, 4(1), 34–41.

Wahyuningsih, S., Sani, A., & Sudia, M. 2019. Ana1isis Proses Berpikir Siswa SMP Da1am Memecahkan Masa1ah Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. Jurna1 Pembe1ajaran Berpikir Matematika, 4(1), 121–132.

Wu1an, E. R., & Anggraini, R. E. 2019. Gaya Kognitif Fie1d-Dependent Dan Fie1d-lndependent Sebagai Jende1a Profi1 Pemecahan Masa1ah Po1ya Dari Siswa SMP. Factor M, 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1503

Yanti, A. P., & Syazali, M. 2016. Ana1isis Proses Berpikir Siswa da1am Memecahkan Masa1ah Matematika Berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar : Jurna1 Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.37-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ