ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS, NILAI MATEMATIKA SEKOLAH DAN NILAI PADA MATERI ALJABAR BOOLEAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN

Hastri Rosiyanti, Faisal Faisal, Viarti Eminita, Fitri Liani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kecerdasan logis matematis, nilai matematika sekolah, dan nilai pada materi aljabar Boolean ditinjau dari berdasarkan tingkat pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Penelitian ini dilakukan pada tahun akademik 2020/2021 Genap dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa program studi pendidikan teknologi informatika semester satu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan kuisioner. Tes berbentuk uraian diberikan ke mahasiswa di akhir materi aljabar Boolean guna mendapatkan data nilai pada materi tersebut, sedangkan kuisioner diberikan ke mahasiswa guna mendapatkan data kecerdasan logis matematis dan data nilai matematika sekolah. Data penelitian akan diolah menggunakan uji korelasi Pearson  Product Moment. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika ditinjau dari lulusan Sekolah Menengah Atas, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan nilai ujian nasional matematika ditinjau dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.


Keywords


Aljabar Boolean; Kecerdasan Logika Matematika; Analisis Korelasi; Matematika Diskrit

Full Text:

PDF

References


Ab, J. S., Margono, G., & Rahayu, W. 2019. The Logical Thinking Ability: Mathematical Disposition and Self-Regulated Learning. J. Phys.: Conf. Ser. 1155 012092, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012092

Amir-Mofidi, S., Amiripour, P., & Bijan-Zadeh, M. H. 2012. Instruction of Mathematical Concepts Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology, 5(6), 2916–2922. http://www.indjst.orgindianj.sci.technol.

Ausloos, M., Eskandary, A., Kaur, P., & Dhesi, G. 2019. Evidence for Gross Domestic Product growth time delay dependence over Foreign Direct Investment. A time-lag dependent correlation study. Physica A: Statistical Mechanics and Its Applications, 527. https://doi.org/10.1016/j.physa.2019.121181

Costa, J. M., & Miranda, G. L. 2019. Using Alice Software with 4C-ID Model: Effects in Programming Knowledge and Logical Reasoning. Informatics in Education, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.01

Harris, M. 2019. Why We Teach Mathematics to Every Student: Determining Impact of Mathematics on Problem Solving and Logical Reasoning Skills. In Williams Honors College, Honors Research Projects. https://ideaexchange.uakron.edu/honors_research_projects/605

Hoare, T., Mendes, A., & Ferreira, J. F. 2019. Formal Methods Teaching. In B. Dongol, L. Petre, & G. Smith (Eds.), Formal Methods Teaching.Lecture Notes in Computer Science (pp. 3–20). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-32441-4

Jansson, L. C., Williams, H. D., & Collens, R. J. 1987. Computer Programming and Logical Reasoning. School Science and Mathematics, 87(5), 371–379. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1987.tb11722.x

Lachmy, R., & Koichu, B. 2014. The Interplay of Empirical and Deductive Reasoning In Proving “If” And “Only If” Statements In A Dynamic Geometry Environment. Journal of Mathematical Behavior, 36, 150–165. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2014.07.002

Li, T., Liu, W., Chen, J., Mao, X., & Mao, X. 2020. IEEE Xplore Full-Text PDF: Tsinghua Science and Technology, 25(3), 325–335. https://ieeexplore.ieee.org/stamp/stamp.jsp?tp=&arnumber=8858087

Tiwari, J. P., & Pande, M. 2019. Boolean Algebra and Harmonic Function Based Computation Analysis: A Survey and Analysis. International Journal of Advanced Technology and Engineering Exploration, 6(53), 107–111. https://doi.org/10.19101/IJATEE.2019.650036




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.143-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ