PENERAPAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT BERFIKIR KRITIS MATEMATIS

Ismah Ismah, Rahmita Nurul Muthmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan metode socrates dengan pendekatan kontekstual secara dalam jaringan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Inayah Pasar Rebo. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa selama proses belajar berlangsung, sebagian besar siswa memberikan respon positif dan lebih dari 75% siswa aktif. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang mendominasi  adalah  kriteria  cukup dan baik dengan rata-rata nilai 66,28. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Socrates dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika berjalan cukup baik.


Keywords


Metode Socrates Kontekstual; Pembelajaran Matematika; Berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal & Ali Murtaldo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Satu Nusa.

Delić, H., & Senad, B. (2016). Socratic Method as an Approach to Teaching. European Researcher. Pp 511-517

Ernawati, E., & Nasir, A. M. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Ismah, Rahmita Nurul Muthmainnah, Viarti Eminita, Anwar Ilmar Ramadhan (2020) CLUSTER ANALYSIS OF STUDENTS’ MULTIPLE INTELLIGENCES IN FIRST GRADE AT MADRASAH IBTIDAIYAH AL-INAYAH IN INDONESIA. Journal of Critical Reviews, 7 (13), 929-933. doi:10.31838/jcr.07.13.156

Johnson, E., B. (2002). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it is here to stay. California : Corwin Press. Inc.

Johnson, D. W., dan Johnson R.T. (2002). Meaningful assessment. Boston: Allyn and Bacon.

Kusmaryani, W. (2019). The Socratic Questioning Method For The Indonesian Efl Speaking Class: Stimulating Students’ Speaking And Critical Thinking. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Susiani, K. & Kadek, S. (2017). Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. Pp 27-40.

Pangestuti, D. S., Nur Latifah, dan Sa’odah. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Pp 85-94

Wang, S.Y., Jer-Chia Tsai, Horn-Che Chiang, Chung-Sheng Lai, and Hui-Ju Lin. (2008). Socrates, Problem-Based Learning And Critical Thinking—A Philosophic Point Of View. Kaohsiung J Med Sci. Pp S6-S13.

Yunita , N.W, Hobri, Oktavianingtyas, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Kadikma, Vol. 9, No. 3, hal. 1-10.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.61-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ