PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Herwina Bahar, Venni Herli Sundi, Iswan ,

Abstract


Masa pandemi covid 19 membawa permasalahan baru terhadap kesulitan belajar siswa di rumah, hal ini membutuhkan peran serta orang tua dalam mendampingi kesulitan belajar anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pendampingan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemi covid 19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analisis dengan jumlah sampel sebanyak 157 responden yang terdiri dari orang tua siswa kelas IV, V, dan VI SD Lab School FIP-UMJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi orang tua dan guru sangat baik (31,21%) dan 64,97% baik. 91,08% orang tua melakukan pendampingan belajar anaknya ketika menghadapi kesulitan belajar. Sementara itu 35,03% orang tua menyiapkan ruangan khusus untuk anaknya belajar dan 38,22% orang tua menyiapkan waktu khusus untuk anaknya belajar. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pendampingan anaknya 50,96% adalah tentang materi pelajaran dan permasalahan konsentrasi anak (35,67%). Sementara itu 70,70% orang tua mendalami materi pelajaran anak mereka dengan sungguh-sungguh, sehingga mereka dapat mengatasi secara langsung kesulitan yang dihadapi oleh anaknya, dengan strategi 71,34% orang tua mengkondisikan waktu belajar anak di rumah sesuai dengan jadwal yang diberikan dari sekolah, meskipun ada kendala yang dihadapi adalah kesibukan orang tua (50,96%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua SD Lab School FIP-UMJ melakukan pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika dengan mempelajari dan mencermati secara langsung pelajaran matematika, mengalokasikan waktu belajar di rumah sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan menjalin komunikasi aktif dengan guru untuk mengatasi berbagai macam kedala dan kesulitan belajar.

Keywords


Pendampingan Orang Tua; Kesulitan Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Alfiyansah, A. F., Fitriani, A., Narimoati, H., & Handayani, M. 2020. Identify Maths Learning Difficulties on the Set Subject. Proceeding International Conference on Science and Engineering. https://doi.org/10.14421/icse.v3.520

Bahar, H., & Kusumawardani, S. 2017. Pembelajaran Tematik di SD Sebagai Acuan Penanaman Nilai-Nilai Karakter (D. A. Sari (ed.); Pertama). Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. 2020. Efektifitas Kahoot Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Bahar, H., & Venni Herli Sundi, H. 2021. Pembinaan Parenting Educationberbasis Al Quran di Lab School FIP UMJ. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS

Burte, H., Gardony, A. L., Hutton, A., & Taylor, H. A. 2020. Elementary teachers’ attitudes and beliefs about spatial thinking and mathematics. Cognitive Research: Principles and Implications. https://doi.org/10.1186/s41235-020-00221-w

Das, J., & Janzen, C. 2004. Learning Math: Basic Concepts, Math Difficulties, and Suggestions for Intervention. Developmental Disabilities Bulletin.

Gold, A. B., Ewing-Cobbs, L., Cirino, P., Fuchs, L. S., Stuebing, K. K., & Fletcher, J. M. 2013. Cognitive and behavioral attention in children with math difficulties. Child Neuropsychology. https://doi.org/10.1080/09297049.2012.690371

Iswan, Bahar, H., Mujtaba, I., Misriandi, & Farihen. 2020. Introduction of islamic-based mathematics learning model. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP7/20202208

Koskela, T., Pihlainen, K., Piispa-Hakala, S., Vornanen, R., & Hämäläinen, J. 2020. Parents’ views on family resiliency in sustainable remote schooling during the COVID-19 outbreak in Finland. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su12218844

McNeil, S. 2016. Students Experiencing Severe Difficulty in Learning Maths: What Resources Are Available to Help These Students?. Kairaranga.

Mutlu, Y. 2019. Math anxiety in students with and without math learning difficulties. International Electronic Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553343

Suryaman, M., Cahyono, Y., Muliansyah, D., Bustani, O., Suryani, P., Fahlevi, M., Pramono, R., Purwanto, A., Purba, J. T., Munthe, A. P., Juliana, & Harimurti, S. M. 2020. COVID-19 pandemic and home online learning system: Does it affect the quality of pharmacy school learning? Systematic Reviews in Pharmacy. https://doi.org/10.31838/srp.2020.8.74

Swanson, H. L., Olide, A. F., & Kong, J. E. 2018. Latent class analysis of children with math difficulties and/or math learning disabilities: Are there cognitive differences? Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/edu0000252

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., & Putra, R. P. 2020. Study of communication ethnography for entrepreneurship culture in the interpersonal relations of teachers and students. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3601-07

Wen, Z. A., Silverstein, E., Zhao, Y., Amog, A. L., Garnett, K., & Azenkot, S. 2020. Teacher Views of Math E-learning Tools for Students with Specific Learning Disabilities. ASSETS 2020 - 22nd International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility. https://doi.org/10.1145/3373625.3417029.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.135-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ