PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA MATERI ALJABAR
Abstract
Kreativitas siswa sangat diperlukan terutama dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan siswa untuk berfikir kreatif, namun model pembelajaran yang kurang menarik membuat kurangnya rangsangan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen dengan one grup pretest-postest design. Kemampuan berfikir kreatif siswa diukur dengan instrumen tes. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung sebesar 10,210 dan ttabel 2,101, sehingga nilai thitung nilai ttabel dan dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis thitung dan ttabel menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika dalam menyelesaikan soal aljabar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altaftazani, D. H. 2018. Application of cooperative learning type picture to picture to increase student’s comprehension on social studies. PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 2(2), 71-78.
Azhari, A., &dan Somakim, S. 2014. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa melalui pendekatan konstruktivisme di kelas VII sekolah menengah pertama (SMP) negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Fatah, A., Suryadi, D., dan Sabandar, J. 2016. Open-Ended Approach: An Effort in Cultivatingb Students' Mathematical Creative Thinking Abilitym and Self-Esteem in Mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 11-20.
Fitriana, M., dan Ismah, I. 2016. Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kedisiplinan siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 59-68.
Hapsari, M. 2017. Use of picture and picture method in increasing ability of sunware students. PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 1(1), 91-108.
Khairani, A. L., dan Ismah, I. 2016. Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 9-22.
Listiyowati, I. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Kemampuann Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pengolahan Data Kelas VI SD. Jurnal Edupena, 2(1), 17-26.
Mintarwati, M. 2020. The Efforts to Improve Sosial Science Learning Outcomes Using Cooperative Learning Picture and Picture Learning at Primary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(3), 129-135.
Mohibu, Y., and Ismail, H. 2021. The Application of the Cooperative Learning Model (Picture and Picture) to Improve the Students’ Reading Skill. LANGUA: Journal of Linguistics, Literature, and Language Education, 4(2), 6-17.
Moma, L. 2016. Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21-47
Mursalin, M., Nuraini, N. L. S., Purnomo, H., Damayanti, N. W., Kristanti, D., Rohim, A., ... & Muliana, M. 2018. The development of algebra teaching materials to foster students’ creative thinking skills in higher education. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.
Novita, R., dan Putra, M. 2016. Using Task Like Pisa’s Problembto Support Student’s Creativity in Mathematics. Journal on Mathematics Education. 7(1), 31-42
Rahmah, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2(1), 1-10.
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., dan Putra, H. D. 2019. Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.
Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.85-90
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |