PENERAPAN SCAFFOLDING SEBAGAI SOLUSI MEMINIMALISIR KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV

Silviana Maya Purwasih, Erika Rahmadhani

Abstract


Kesalahan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematis menunjukkan adanya kesulitan yang mereka alami dalam memahami suatu konsep. Sehingga dibutuhkan suatu upaya untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan scaffolding yang diberikan kepada subjek berdasarkan bentuk kesalahan yang dilakukan. Kesalahan tersebut sebelumnya telah dianalisis berdasarkan tahapan kastolan. Adapun bentuk scaffolding yang diterapkan berupa tiga tingkatan yaitu, 1) lingkungan belajar yang mendukung, 2) interaksi langsung antara guru dan siswa; meliputi tahap explaining, reviewing, serta restructuring, dan 3) penekanan berfikir konseptual. Pada tahap lingkungan belajar yang mendukung, proses penerapan scaffolding diberikan melalui Google Meet setelah pemberian tes tahap 1 dan 2 melalui google classroom dan WhatsApp Group. Perubahan lingkungan belajar ini juga bertujuan untuk memaksimalkan tahap interaksi langsung antara guru dan siswa. Pada tahap kedua, scaffolding diberikan berupa penjelasan ulang tentang metode penyelesaian SPLDV, peninjauan hasil pekerjaan siswa, dan merestrukturasi materi bahasan yang dirasa sulit. Pada tahap ketiga peneliti memberikan penekanan tentang perbedaan metode eliminasi dan substitusi yang kerap menyebabkan siswa mengalami kesulitan. Melalui analisis yang telah dilakukan tersebut, didapat data sebagai berikut: dari 3 subjek terpilih diketahui 2 subjek penelitian mengalami perubahan positif setelah pemberian scaffolding, sedangkan 1 subjek yang lainnya tidak menunjukkan adanya perubahan positif.

Keywords


Scaffolding; Kesulitan Siswa; Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Anghileri, J. 2006. Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education 2006 9:1, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.1007/S10857-006-9005-9

Hasan, B. 2015. Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.169

Lestari, W. I., dan Putra, E. D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Nurhayati, E., Mulyana, T., dan Martadiputra, B. A. P. 2016. Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112. jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m

Priyati, P., dan Lygia Mampouw, H. 2018. Pemberian Scaffolding Untuk Siswa Yang Mengalami Kesalahan Dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 87. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.293

Rahayuningsih, P., dan Qohar, A. 2014. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116.

Rahma, N. A., dan Pujiastuti, H. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Rahmadhani, E., dan Purwasih, S. M. 2021. Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) 2021, 89–99. https://snpm.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/Prpsiding-SNPM-2021-FIX-1-Repaired.pdf

Rosarian, A. W., dan Dirgantoro, K. P. S. 2020. Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332

Sari, N., dan Surya, E. 2017. Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.

Tambunan, H. 2021. Dampak Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 terhadap Resiliensi, Literasi Matematis dan Prestasi Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76.

Wahid, A. H., Muali, C., dan Mutmainnah. 2017. Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 180–194.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ