PENERAPAN SCAFFOLDING SEBAGAI SOLUSI MEMINIMALISIR KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anghileri, J. 2006. Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education 2006 9:1, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.1007/S10857-006-9005-9
Hasan, B. 2015. Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.169
Lestari, W. I., dan Putra, E. D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Nurhayati, E., Mulyana, T., dan Martadiputra, B. A. P. 2016. Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112. jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m
Priyati, P., dan Lygia Mampouw, H. 2018. Pemberian Scaffolding Untuk Siswa Yang Mengalami Kesalahan Dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 87. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.293
Rahayuningsih, P., dan Qohar, A. 2014. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116.
Rahma, N. A., dan Pujiastuti, H. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
Rahmadhani, E., dan Purwasih, S. M. 2021. Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) 2021, 89–99. https://snpm.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/Prpsiding-SNPM-2021-FIX-1-Repaired.pdf
Rosarian, A. W., dan Dirgantoro, K. P. S. 2020. Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
Sari, N., dan Surya, E. 2017. Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.
Tambunan, H. 2021. Dampak Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 terhadap Resiliensi, Literasi Matematis dan Prestasi Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76.
Wahid, A. H., Muali, C., dan Mutmainnah. 2017. Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 180–194.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |