KARAKTER MATHPRENEUR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MATHEMATICAL LEARNING OBJECT BERBASIS BLENDED PICTORIAL ABSTRACK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter mathematics entrepreneur (mathpreneur) mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui Mathematical Learning Object berbasis Blended Pictorial Abstrack pada 132 mahasiswa dalam mata kuliah kapita selekta matematika dari 4 perguruan tinggi di pulau Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan metode survey, menggunakan instrumen berupa kuesioner yang pernyataannya didasarkan pada komponen karakter entrepreneur bidang matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Pendidikan Matematika yang belajar melalui mathematical learning object based blended pictorial abstrack telah memilki karakter mathpreneur, dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 50,64%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak,I dan Darmawan, D. 2017. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azis YM, Juanda EA. 2016. Komposisi Waktu Pembelajaran dalam Blended Learning. Prosiding SENTIA – Politeknik Negeri Malang. Volume 8 – ISSN: 2085-2347. [Online]
Dina dan Nugraheni. 2017. Profil Kemandirian Dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Mata Kuliah Wawasan Dan Kajian Mipa Melalui Pembelajaran E-Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2, halaman 1921 – 1931[Online, tersedia: 10608-24311-1-SM.pdf. 15/4/2018].
Hafizah. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Blended Learning dengan Strategi Probing-Prompting. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
Hasbullah. 2014. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Jurnal Formatif : 65-70. ISSN: 2088-351X. [Online]
Istiqomah SBT, Azizah N. 2013. Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) Di Prodi D-III Kebidanan FIK Unipdu Jombang. Jurnal Eduhealth, VOL. 3 NO. 2. [Online]
Lestari. KE, Yudhanegara MR. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Marzal, Jefri. 2014. Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer. Edumatica Volume 04 Nomor 01, ISSN: 2088-2157. [Online].
Muzaki Ahmad. 2017. Pembelajaran dengan Strategi Abductive-Concrete-Pictorial-Abstract untuk meningkatkan Kemampuan Pembuktian Problem Posing serta Pencapaian Self-Affimation Matematis Mahasiswa Calon Guru. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
Nur aeni, dkk. 2017. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. IJCET Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology [Online, tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet. 15/04/2018].
Prihaswati dkk. 2016. Profil Mathematic Teacherpreneur pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. JKPM VOLUME 3 NOMOR 2 ISSN:2339-2444.
Rusman, dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Prajagrafindo Persada.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryana Y, Bayu K. 2013. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Susanti, BH. 2017. Pengembangan Program Perkuliahan Vertebrata Berbasis Learning Objek untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis TIK. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
Sutianah Cucu, 2017. Pengembangan Karakter Wirausaha Bidang Industri Kreatif Fesyen Siswa Paket Keahlian Tata Busana melalui Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.99-108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |