MODEL STRUKTURAL DALAM MENILAI ANTAR-HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.9-20Keywords:
Model Struktural, Faktor Internal, Prestasi Belajar, Masa PandemiAbstract
Penelitian inii dilatarbelakangii oleh faktor-faktors yang mempengaruhii prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid, yaitu faktor5 internal dan faktorr eksternal. prestasi belajarr yang baik akan dapat dicapaii apabila mahasiswa dapat mengatasi kkesulitan belajar yang ddialaminya, namunn ada sejumlah variabell yang saling mmempengaruhinya. Penelitianu ini bertujuan untuk mengetahuii gambarann dan ppengaruh efikasi diri dan aktivitas belajar prestasi belajar matematika kemandirian belajar pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematikaa IAIN Ambon. Jenis ppenelitian iini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi pendidikan matematika IAIN Ambon tahun akademik 2020/2021 yang diambil dengan menggunakan Disproporsional stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) efikasi diri, (2) skala aktivitas belajar, (3) skala kemandirian belajar,(4) IPK. Data ddianalisis menggunakan statistikk deskriptifs dan data diolah secara kuantitatif dengan menggiunakan analisiss jalur (path anlysis). Hasill penelitian menunjukann bahwa: (1) Sebagian besar Mahasiswaa Programs Studii Pendidikan matematika IAIN Ambon memiliki: efikasi diri dengan kategori sedang, aktivitas belajar dengan kategorii sedang, kemandirian belajar dengann kategoriy sedang, prestasi bbelajar berkategoris sedang; (2) efikasis diri berpengaruhh positiff terhadap prestasi belajars matematikas baik secara langsungs maupun tidak langsung5 melalui kemandirian belajar; (3) aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar.References
Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baist,Abdul, dkk. 2019. Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika berbatuan Software Mathematica untuk mengemnagkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Fibonacci
Bandura, A. 2010. Self Efficacy: Mechanism in Spikological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall: New Jersy.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam memahami Psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2013. Proses pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nurhayati, Ety. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Cet: keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. 2010. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Rahmawati, N. 2007. Tingkat Prestasi dan Efikasi Diri Siswa Ditinjau dari Penerapan Program Imersi. Tesis tidak diterbitkan. Jogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Rondiyah. 2009. Model Struktural Faktor-faktor Anteseden Hasil Belajar Matematika Mahasiswa dalam Hubungannya dengan Faktor Internal dan Eksternal pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar. Tesis Tesis tidak diterbitkan. Makassar: UNM.
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi kedua. Jakarta: Kencana.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zimmerman, B.J. 1990. Self-Regulating Academic Learning and Achievement: The Emergence of Cognitive Perspective a Social. Educational Psychology Review, 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).