MODEL STRUKTURAL DALAM MENILAI ANTAR-HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Gamar Assagaf, Ahmad Salatalohy

Abstract


Penelitian inii dilatarbelakangii oleh faktor-faktors yang mempengaruhii prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid, yaitu faktor5 internal dan faktorr eksternal. prestasi belajarr yang baik akan dapat dicapaii apabila mahasiswa dapat mengatasi kkesulitan belajar yang ddialaminya, namunn ada sejumlah variabell yang saling mmempengaruhinya. Penelitianu ini bertujuan untuk mengetahuii gambarann dan ppengaruh efikasi diri dan aktivitas belajar prestasi belajar matematika kemandirian belajar pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematikaa IAIN Ambon. Jenis ppenelitian iini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi pendidikan matematika IAIN Ambon tahun akademik 2020/2021 yang diambil dengan menggunakan Disproporsional stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) efikasi diri, (2) skala aktivitas belajar, (3) skala kemandirian belajar,(4) IPK. Data ddianalisis menggunakan statistikk deskriptifs dan data diolah secara kuantitatif dengan menggiunakan analisiss jalur (path anlysis). Hasill penelitian menunjukann bahwa: (1) Sebagian besar Mahasiswaa Programs Studii Pendidikan matematika IAIN Ambon memiliki: efikasi diri dengan kategori sedang, aktivitas belajar dengan kategorii sedang, kemandirian belajar dengann kategoriy sedang, prestasi bbelajar berkategoris sedang; (2) efikasis diri berpengaruhh positiff terhadap prestasi belajars matematikas baik secara langsungs maupun tidak langsung5 melalui kemandirian belajar; (3) aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar.

Keywords


Model Struktural, Faktor Internal, Prestasi Belajar, Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baist,Abdul, dkk. 2019. Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika berbatuan Software Mathematica untuk mengemnagkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Fibonacci

Bandura, A. 2010. Self Efficacy: Mechanism in Spikological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall: New Jersy.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam memahami Psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2013. Proses pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nurhayati, Ety. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Cet: keempat. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2010. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Rahmawati, N. 2007. Tingkat Prestasi dan Efikasi Diri Siswa Ditinjau dari Penerapan Program Imersi. Tesis tidak diterbitkan. Jogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Rondiyah. 2009. Model Struktural Faktor-faktor Anteseden Hasil Belajar Matematika Mahasiswa dalam Hubungannya dengan Faktor Internal dan Eksternal pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar. Tesis Tesis tidak diterbitkan. Makassar: UNM.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi kedua. Jakarta: Kencana.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zimmerman, B.J. 1990. Self-Regulating Academic Learning and Achievement: The Emergence of Cognitive Perspective a Social. Educational Psychology Review, 2.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.9-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ