PENGGUNAAN APLIKASI QRCODE DAN SMARTY TEMPLATE ENGINE PADA PENGKODEAN BUKU (STUDI KASUS RUANG BACA COMPUTER SCIENCE FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN)

Mahbubul Wathoni, Yasin Efendi, Rikaro Ramadi, Mia Hariyani, Diah Budi Ratriningrum

Abstract


Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi pengkodean buku untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mencari referensi untuk bahan kuliah maupun jurnal ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi ini dikembangkan dengan pendekatan Rapid Application Development (RAD) dengan tools Unified Modeling Language (UML) dalam proses pemodelannya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Aplikasi Pengkodean Buku dengan QRcode dan Smarty Template Engine dapat mempermudah dosen dan mahasiswa di ruang baca Computer Science.

Keywords


UML, Pengkodean Buku, RAD, QR Code, Smarty Template Engine

Full Text:

PDF

References


Bittner, Kurt and Ian Spence. (2oo3). Use Case Modeling. Addison-Wesley Professional.

Indriyani, Fintri, dkk. (2019). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Jakarta.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Nur Fu’ad, M.Kom, Moch Kholil, S.Kom, M.T, dan Shanti Ike Wardhani, S.A.B, M.Si. (2019). Rancang Bangun Aplikasi QR Code berbasis Android pada Perpustakaan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Vocational Education and Technology Journal. Vol. 1, No. 1.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach 7th ed. New York: The McGraw-Hill.

Satrio, Muhamat Al and Abdillah, Leon Andretti and Syazili, Ahmad. (2017). Aplikasi Presensi Mahasiswa dengan Menggunakan QR Code Berbasis Android pada Universitas Bina Darma. In: Seminar Nasional Penelitian Ilmu Komputer Ke-2 (SENTIKOM2017), 15 Juli 2017, Palembang.

Sutabri T. (2004). Analisa Sistem Informasi, Edisi 1. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.177-188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ