DESIGN RESEARCH : PENGEMBANGAN LINTASAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.31-46Keywords:
Lintasan Belajar, PMR, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Design Research yang dikemukakan oleh Gravemeijer & Cobb, dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu tahap persiapan penelitian, penelitian di dalam kelas, dan analisis retrospektif. Adapun penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Mori Utara dengan subjek penelitian berjumlah 12 orang siswa dan terdiri dari tiga pertemuan, yaitu 1) pertemuan pertama : Konsep Relasi, Penyajian Relasi dan Konsep Domain, Kodomain dan Range, 2) pertemuan kedua : Konsep Fungsi, Ciri-ciri Fungsi dan Korespondensi Satu-satu dan 3) pertemuan ketiga : Notasi dan Nilai Fungsi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa hipotesis lintasan belajar dan data dikumpulkan melalui observasi, rekaman suara, dan Lembar Aktivitas Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi Relasi dan Fungsi dengan pendekatan PMR yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Lintasan belajar yang dihasilkan berupa alur kegiatan serta aktivitas yang dilakukan siswa di kelas guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adapun, penelitian ini dilakukan hanya untuk melihat penerapan hipotesis lintasan belajar materi Relasi dan Fungsi pada pendekatan PMR.References
Branca, N. A. (1980). Problem Solvong as Goal, Process, and Basic Skills. In Problem Solving in School Mathematics : 1980 Yearbook edited by S. Krulik and R.E. Eyes. Reston, VA: NCTM.
Fitri, Y. (2016). Model Pembelajaran Matematika Realistik. Theorems, 1(2), 185–195.
Freudenthal, H. (2002). revisiting Mathematics Education : China Lectures. New York: Kluwer Academic Publishers.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In J. Akker, K..
Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113.
Kai Kow Joseph Yeo. (2009). Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems. International Journal for mathematics teaching and learning.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Kemendikbud.
Lestary, S. I., Ahmad, M., & Lubis, R. (2020). Upaya peningkatan kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah menengah pertama melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 99–109.
Liu, A. (2020). Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019 / 2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4, 9–15.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari, 01(2), 73–94.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Polya, G. (1973). How To Solve It (Second). Princeton, New Jersey: Princeton University Press,.
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24.
Tambunan, S. J., Sitinjak, D. S., & Tamba, K. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Ips Pada Materi Peluang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 119–130.
Ulya, A. L., & Agustyarini, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(2), 21–33.
Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah. (2020). Hypothetical Learning Trajectory al Learning Tr jectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8–16.
Yurnalis, & Rahmi, R. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. UNES Journal of Education, 1(4), 311–322.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).