DESIGN RESEARCH : PENGEMBANGAN LINTASAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Gavrilla Mei Sela Marande, Hafsah Adha Diana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Design Research yang dikemukakan oleh Gravemeijer & Cobb, dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu tahap persiapan penelitian, penelitian di dalam kelas, dan analisis retrospektif. Adapun penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Mori Utara dengan subjek penelitian berjumlah 12 orang siswa dan terdiri dari tiga pertemuan, yaitu 1) pertemuan pertama : Konsep Relasi, Penyajian Relasi dan Konsep Domain, Kodomain dan Range, 2) pertemuan kedua : Konsep Fungsi, Ciri-ciri Fungsi dan Korespondensi Satu-satu dan 3) pertemuan ketiga : Notasi dan Nilai Fungsi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa hipotesis lintasan belajar dan data dikumpulkan melalui observasi, rekaman suara, dan Lembar Aktivitas Siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi Relasi dan Fungsi dengan pendekatan PMR yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Lintasan belajar yang dihasilkan berupa alur kegiatan serta aktivitas yang dilakukan siswa di kelas guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adapun, penelitian ini dilakukan hanya untuk melihat penerapan hipotesis lintasan belajar materi Relasi dan Fungsi pada pendekatan PMR.


Keywords


Lintasan Belajar, PMR, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Branca, N. A. (1980). Problem Solvong as Goal, Process, and Basic Skills. In Problem Solving in School Mathematics : 1980 Yearbook edited by S. Krulik and R.E. Eyes. Reston, VA: NCTM.

Fitri, Y. (2016). Model Pembelajaran Matematika Realistik. Theorems, 1(2), 185–195.

Freudenthal, H. (2002). revisiting Mathematics Education : China Lectures. New York: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In J. Akker, K..

Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113.

Kai Kow Joseph Yeo. (2009). Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems. International Journal for mathematics teaching and learning.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Kemendikbud.

Lestary, S. I., Ahmad, M., & Lubis, R. (2020). Upaya peningkatan kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah menengah pertama melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 99–109.

Liu, A. (2020). Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019 / 2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4, 9–15.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari, 01(2), 73–94.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Polya, G. (1973). How To Solve It (Second). Princeton, New Jersey: Princeton University Press,.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24.

Tambunan, S. J., Sitinjak, D. S., & Tamba, K. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Ips Pada Materi Peluang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 119–130.

Ulya, A. L., & Agustyarini, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(2), 21–33.

Wandanu, R. H., Mujib, A., & Firmansyah. (2020). Hypothetical Learning Trajectory al Learning Tr jectory Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 8–16.

Yurnalis, & Rahmi, R. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. UNES Journal of Education, 1(4), 311–322.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.31-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ