ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Bella Yurinda, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Technological Pedagogical Content  Knowledge (TPACK) guru yang sertifikasi dengan guru non sertifikasi dalam pembelajaran matematika di daerah Bangka. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se-Kecamatan Pemali Bangka, dengan sampel sebanyak 56 guru dengan masing sejumlah 28 guru baik yang telah tersertifikasi dan belum tersertifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method dengan model Sequential explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada data kuantitatif adalah uji statistik parametrik yaitu uji T. Sedangkan untuk data kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu 1) Bahwa TPACK dalam pembelajaran matematika baik guru yang sertifikasi maupun guru yang belum sertifikasi sudah bisa mengoperasikan perangkat teknologi untuk sebagai alat bantu pembelajaran. 2 ) Tidak ada perbedaan kemampuan TPACK antara guru yang sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi. 3) Pada komponen kemampuan Technological Knowledge guru yang sertifikasi yang diterapkan pada mata pelajaran matematika lebih baik daripada guru yang belum sertifikasi. Selain itu pada kemampuan komponen Technological Content Knowledge guru yang sertifikasi lebih baik daripada guru yang belum tersertifikasi. Tetapi pada kemampuan komponen Technological Pedagogical Content Knowledge guru yang sertifikasi lebih rendah dari guru yang belum tersertifikasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa baik guru yang sertifikasi maupun guru yang belum sertifikasi telah terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran matematika khususnya dalam tuntutan masa pandemi. Hal ini menunjukkan bahwa baik kemampuan pengetahuan teknologi, pedagogic, dan cara mentransfer materi melalui penerapan teknologi telah dikuasai dan dilakukan oleh guru.  Akan tetapi agar selalu mengikuti perkembangan teknologi dan sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, maka perlu terus ditingkatkan TPACK guru melalui pelatihan-pelatihan.


Keywords


TPACK, Guru Profesional, Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Aviyanti. (2021). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Ditinjau dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, dan Bidang Studi Guru. Universitas Sanata Dharma.

Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.24853/FBC.5.1.29-36

Charismiadji, I. (2020, April 1). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-4960969/mengelola-pembelajaran-daring-yang-efektif

Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana desa untuk melalui kinerja desa melalui pemberdayaan ekonomi. AE Publishing.

Irfani, D., Hapsari, S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.24853/FBC.7.1.51-60

Irham. (2021). Perbedaan Motivasi Kerja Guru Sertifikasi dan Non sertifikasi Di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Universitas Jambi.

Jayani, D. H. (2019). Jumlah Guru yang Tersertifikasi Belum Sampai 50%. www.databoks.katadata.co.id.

Kobul, T. I. (2021). Berapa Jumlah Guru Tahun 2020. www.kompasiana.com.

Lamirin. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal & Kecerdasan emosional terhadap kinerja Pengurus Vihara. Insan Cendekia Mandiri.

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 45–50. https://doi.org/10.24853/FBC.7.1.45-50

Mulyanti, Y., Darhim, D., Turmudi, T., & Rahmat, D. (2022). Karakter Mathpreneur Mahasiswa Pendidikan Matematika Melalui Mathematical Learning Object Berbasis Blended Pictorial Abstrack. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(2), 99–108. https://doi.org/10.24853/FBC.7.2.99-108

Nurdiana, U. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPCK ) melalui Jejaring Media Sosial Facebook dan Google Drive Karya Tulis Simposium Guru tahun 2016 Urip Nurdiana ,.

Purwasih, S. M., & Rahmadhani, E. (2022). Penerapan Scaffolding Sebagai Solusi Meminimalisir Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(2), 91–98. https://doi.org/10.24853/FBC.7.2.91-98

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74.

Riyanto & Herman. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Rosyid, A. (2016). Technological pedagogical content knowledge: sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Saputra, D. D. (2019). Hubungan Antara Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Dengan Technology Integration Self Efficacy (Tise) Guru Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358

Sintawati, & Abdurrahman. (2020). The effectiveness of blended learning to improve pre-service teacher TPaCK in developing multimedia learning mathematics at elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032014

Sintawati, & Indriani. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 417–422.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yusmanita, Ikhsan, & Zubainur. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen, 4(1), 93. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.469




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ