GEOGEBRA DAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS: PENELITIAN BIBLIOMETRIK

Intan Puspita Sari, Sekar Rani Candraningtyas, Hena Rosita Dewi, Adjie Muhammad Ilham, Rayhan Muhammad Akbar, Soma Wijaya Rawi, Muntazhimah Muntazhimah

Abstract


GeoGebra merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika karena dapat membantu dan mempermudah siswa dalam memecahkan persoalan matematika. Penelitian ini adalah analisis bibliometrik tentang GeoGebra dan kemampuan penyelesaian masalah matematis. Kajian dalam penelitian ini mencakup trend riset dan peluang riset kedepan tentang GeoGebra dan kemampuan penyelesaian masalah matematis. 500 metadata artikel yang berkaitan dengan GeoGebra dan kemampuan penyelesaian masalah matematis diekstrak oleh software Publish or Perish (PoP) dari database Google Scholar. Artikel tersebut telah dipublikasi hingga tahun 2022. Diperoleh 45 terms yang bersesuaian dari total sebanyak 2123 terms, namun hanya 39 terms yang lolos verifikasi. Selanjutnya dilakukan visualisasi network, overlay, dan density dengan menggunakan software VOSviewer. Studi ini memberikan salah satu masukan untuk kemungkinan penelitian yang bisa dilakukan kedepannya berkaitan dengan GeoGebra dan kemampuan penyelesaian masalah matematis.

Keywords


analisis bibliometrik; geogebra; pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Acharya., dan Ram, T. 2015. Effectiveness of Geogebra Software on Mathematics Achievement. Department Of Mathematics Education Central Department of Education University Campus Tribhuvan University Kirtipur, Kathmandu. pp: 1-61.

Anshori, S. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya.Vol. 2 (1), pp: 88-100.

Astriyani, A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol 2 (1), pp: 23-30.

Bedada, T.B., dan Machaba, F. 2022. The effect of GeoGebra on STEM students learning trigonometric functions. Cogent Education. Vol 9 (1), pp: 1-18.

Bernard, M., dan Senjayawati, E. 2019. Improving Mathematical Connection Capabilities of Middle School Students. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 3 (2), pp: 79-87.

Dwianjani, Vonie, N.K., Candiasa, Made, I., dan Sariyasa. 2018. Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2 (2), pp: 153-166.

Eryanti, I., dan Soebagyo, J. 2021. Bibliometric Analysis of Blended Learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 5 (2), pp: 91-102.

Faizah, H., dan Astutik, E. P. 2017. Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Program Linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol 3(2), pp: 103–110.

Hanafi, M., Wulandari, K. N., dan Wulansari, R. 2017. Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol 3(2), pp: 93–102.

Hidayat, W., dan Sariningsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol 2 (1), pp: 109-118.

Karim, A., Soebagyo, J., dan Purwanto, S.E. 2021. Stochastic Block Model Reveals Maps of In Applied Mathematics Studies Using VOS Viewer. International Journal of Progressive Mathematics Education. Vol 1 (2), pp: 127-142.

Kurniawati, I., Raharjo, T.J., dan Khumaedi, K. 2021. Mathematical Problem Solving Ability on Problem Based Learning Assisted by GeoGebra in Primary School. Educational management. Vol 10 (1), pp: 110-118.

Novitasari, W. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mts Al-Azhar Bl'ibadillah”. Jurnal Eksakta. Vol 2 (1), pp: 1-9.

Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol 6(2), pp: 133–140.

Rahmani, W., dan Widyasari, N. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol 4(1), pp: 17-24.

Rahmawati, N.S., Bungsu, T.K., Islamiah, I. D., dan Setiawan, W. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education. Vol 1 (3), pp: 386-395.

Sari, I.P. 2017. Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Claroline. Research and Development Journal of Education. Vol 4 (1), pp: 75-87.

Sumartini, T.S., dan Maryati, I. 2021. Geogebra application for quadratic functions. Journal of Physics: Conference Series. Vol 1869 (1), pp: 1-4.

Waltman, L., Eck, N.J., dan Noyons, E.C. 2010. A unified approach to mapping and clustering of bibliometric networks. Journal of Informetrics. Vol 4 (4), pp: 629-635.

Wardani, S., dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wasiran, Y., Maja, I., dan Husien, F. 2019. PKM Bagi Guru SMP yang Mengalami Kesulitan Menggunakan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2 (2), pp: 13-19.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.109-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ