PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BAGI GURU MI DALAM UPAYA MENDUKUNG KETERAMPILAN MENGAJAR SERTA PENINGKATAN LITERASI NUMERASI

Eva Musyrifah, Gelar Dwirahayu, Gusni Satriawati

Abstract


Guru memiliki peran strategis dalam mendukung keberhasilan proses pendidikan. Guru Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disingkat MI perlu diberikan bimbingan dalam upaya peningkatan profesionalismenya melalui penyediaan buku ajar bagi guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar matematika bagi guru MI sebagai upaya membantu guru dalam peningkatan kemampuan mengajarnya, serta memberikan pengetahuan kepada guru tentang pengembangan soal-soal literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dosen yang berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia sebanyak 8 orang termasuk didalamnya adalah tim peneliti sendiri. Sedangkan untuk responden nya terdiri dari 10 orang guru matematika yang mengajar di MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas bahan ajar dari para dosen diperoleh skor 76,73  artinya bahan ajar menurut ahli termasuk pada kategori “layak” sedangkan pada implementasi penggunaan bahan ajar dari para guru diperoleh skor 76,06 artinya bahan ajar menurut praktisi termasuk pada kategori “layak”  . Sehingga disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi pada kriteria layak, namun masih perlu penyempurnaan pada penjelasan masing-masing konsep dan implementasi pembelajarannya untuk setiap strategi atau metode yang dijelaskan.


Keywords


Bahan Ajar, Keterampilan Mengajar, Literasi Numerasi, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Amperawan, I.W., Pujawan, I.G.N., Suarsana, I.M. 2018. Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara PMR dan PBM pada Materi Geometri SMP Kelas VII. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(1), 19-28. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.19-28

Andriatna, R., Kurniawati, I., Wulandari, A.N. 2021. Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(1), 19-28. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.19-28

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. 2017. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Astuti, D., 2019. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Educational Statistic berbasis Cooperative Learning. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 5(2), 183-188. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.183-188

Dirgantoro, K. P. S. 2018. Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Dirgantoro, K. P. S. 2020. Analisis Kinerja Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pengajaran Micro Sekolah Dasar. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 6(1), 17-26. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.17-26

Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. 2015. A rich interpretation of numeracy for the 21st century: A survey of the state of the field. ZDM, 47(4), 531-548. DOI 10.1007/s11858-015-0708-1. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1

Dwirahayu, G., Nursida., 2016. Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 5(2), 117-138

Dwirahayu, G., Satriawati, G., Afidah, M. 2019. Investigating Undegraduate Students About Their Competencies: Pedagogical, Professional, and Personal. Atlantic Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 408, pp. 46-54

Dwirahayu, G., Sandri, M., Kustiawati, D. 2020. Inquiry based RME terhadap kemampuan representasi Matematik Siswa. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 6(1) 45-58. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.45-58

Houston, J., Tenza, S. P., Hough, S., Singh, R., & Booyse, C. 2015. The rationale for teaching Quantitative Literacy in 21st century South Africa: A case for the renaming of Mathematical Literacy. The Independent Journal of Teaching and Learning, 10(1), 6-36. Published Online:1 Jan 2015. https://hdl.handle.net/10520/EJC179021

Idzhar, A. 2016. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956

Juhji, J. 2016. Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51-62. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73

Long, D., & Magerko, B. 2020. What is AI literacy? Competencies and design considerations. In Proceedings of the 2020 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1-16). https://doi.org/10.1145/3313831.3376727

Mas’udah, I.L., Sudirman, Susanto, H., Rofiki, I. 2021. Fenomena Literasi Spasial Siswa: Studi pada Geometri Ruang. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(2), 155-166. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.%25p

Pamungkas, A. S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 228-240. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142

Puspita, A. M. I., & Purwo, S. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426

Rahayu, T. 2017. Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2. http://hdl.handle.net/11617/9552

Safitri, E., & Sontani, U. T. 2016. Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 144-153. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258

Sivasailam, T., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Solihin, L. Pratiwi, I., Atmadireja, G., Utama, B. 2020. Darurat Literasi Membaca di Kelas Awal. Masyarakat Indonesia, 46(1), 34-48. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.914

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development/ R&D). Bandung:Alfabeta.

Suryadi, Didi., 2011. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Konferensi Internasional UPI-UiTM, Bandung: FPMIPA - UPI

Uno, H. B., 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Wiedarti, P., dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Yayuk Sri & Rahayu Budiawati 2015 Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang digunakan oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Edisi IX No. 2. Mei 2015, hal, 129-146




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ