ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING DI MASA PANDEMI COVID 19

Gusni Satriawati, Afidah Mas'ud, Gelar Dwirahayu, Jarnawi Afgani Dahlan, Endang Cahya

Abstract


Mata kuliah Microteaching merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pada program studi pendidikan matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran dan sekaligus mengimplementasikannya di dalam kelas.  Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 dimana kegiatan pembelajaran masih terkena dampak pandemi covid 19. Oleh karena itu, dalam merencanakan pembelajaran mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru matematika dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan simulasi pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksplorasi deskriptif.  Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester tujuh sebanyak 17 orang. Terdiri dari  1 orang laki-laki dan 16 orang perempuan .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga indikator dari TPACK yaitu :  1) Pedagogical Knowledge , 2) Content Knowledge mahasiswa  dan 3) Technologocal Knowledge mahasiswa cukup baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan matematika sudah memiliki kemampuan TPACK pada kategori cukup baik dalam hal penyusunan rencana pembelajaran dan pelaksananaan pembelajaran  yang mengintegrasikan antara teori pembelajaran/strategi pembelajaran, materi dan teknologi.


Keywords


Microteaching, Pandemi Covid 19, Technological Pedagogical Content Knowledge, TPACK

Full Text:

PDF

References


Andriatna, R., Kurniawati, I., Wulandari, A.N. 2021. Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(1), 19-28. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.19-28

Ari Widodo. 2019. Guru Harus Kuasai Pengetahuan Konten dan Pengetahuan Pedagogi. Diakses pada 05 Januari 2021, dari https://berita.upi.edu/guru-harus-kuasai-pengetahuan-konten-dan-pengetahuan-pedagogi/

Bahari, B. 2020. Pedagogical Knowledge: Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1) : 33-39.

Barnawi dan Arifin, M. 2016. Micro Teaching: Teori dan Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Bagian Hukum Departemen Pendidikan Nasional.

Dwirahayu, G., Satriawati, G., & Afidah. 2019. Investigating undegraduate students about their competencies: pedagogical, professional, and personal. Proceeding ICONIST, Mataram 2019 https://www.atlantis-press.com/proceedings/iconist-19/125935100. Pp. 46-54

Dwirahayu, G. Satriawati, G., Afidah., & Hafiz, M., 2020. Anaysis of Mathematics Teacher’s Pedagogical Competency in Madrasah Tsanawiyah (MTs) in Developing Scientific-Based Lesson Plan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 5 No 1. 59-72. DOI : 10.24832/jpnk.v5i1.1551

Fauzi, Muhammad. 2020. Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam. Vol. 2 (2) : 121-145

Hamidah, D., Nuryani, Y.R., & Made, A.M. 2011. Pengembangan Profesional Guru Biologi SMA Melalui Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada Materi Genetika. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol.12 No.2: 88-96.

Imam Fitri Rahmadi. 2019.Penguasaan technological pedagogical content knowledge calon guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol. 16 No. 2 : 122– 136

Kartika, D. M. R., & Pasandaran R. F. 2016. Analisis Kemampuan Guru dalam Menanamkan Konsep Limit Fungsi. Journal of Mathematics Education, 1(2) : 57-65.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Koehler, M. J., Mishra, P., Ackaoglu, M.,& Rosenberg, J. M. 2013. The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. Commonwealth Educational Media Centre for Asia

Koehler, M. J., and Mishra, P. 2008. Introducing technological pedagogical content knowledge. In AACTE Committee on Innovation and Technology (Eds.), The handbook oftechnological pedagogical content knowledge for educators. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Leung, F., Park, K. 2002. Competet Students, Competent Teachers? International Journal of Educational Research, Vol.37(2): 113-129.

Loughran, J., Amanda, B., & Pamela, M. 2012. Understanding and Developing Science Teacher’s Pedagogical Content Knowledge 2 nd Edition. Rotterdam : Sense Publishers

Mary C. Herring, Matthew J. Koehler, Punya Mishra. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. Second edition. Routledge 711 Third Avenue, New York, NY 10017

Mishra, P., & Koehler, M.J. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. Vol.108(6): 1017-1054.

Peng, W. 2013. Examining Pedagogical Content Knowledge (PCK) for Business English Teaching: Concept and Model. Polyglassia Vol. 25: 83- 94.

Peniati, E. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol 1(1): 8-15

Purwoko, Riawan Yudi. 2017. Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Vol. 3(1): 55-65

Rahmah, M.asrori, Indri Astuti. 2014. Upaya Guru Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dalam Proses Pembelajaran di TK Negeri Pembina Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 3 (5) : 1-11.

Rahman, Bujang. 2015. Mempersiapkan guru professional (suatu pendekatan komprehensif). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Ririn Widiyasari, R., Kusuma, Y.S., Nurlaelah, E. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Volume 6 No.1: 67-76. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.67-76

Selvi, K. (2010). Teachers’ competencies. Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7(1),167-175.

Shulman. 1986. Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research. Vol.15(2): 4-14.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

S Guerriero. (2014). Teachers' pedagogical knowledge and the teaching profession. Paris: OECD Publishing.

Turmuzi, Muhammad., Kurniawan, Eka. 2021. Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5(3):2484-2498.

Yustina, Wansyafii. 2016. Kompetensi Pengetahuan Pedagogi Konten melalui Workshop pada Peserta PPG SM3T Pendidikan Biologi-UR, Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1): 468-474




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.73-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ