PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN BAHAN MANIPULATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Arlin Astriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan alat peraga terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi. Uji coba instrumen angket motivasi meliputi validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan uji Bartlett Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh simpulan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan bahan manipulatif berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar matematika yang meningkat, peserta didik lebih tertarik terhadap matematika, dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakata:

Pustaka Pelajar.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS press.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS press.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS press.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.

Lam, S. F., Cheng, R. W., dan Ma, W. Y. K. (2008). “Teacher and Student Intrinsic

Motivation”. Springer Science: Business Media B.V. Vol. 37, hal: 365-578.

Muhsetyo, Gatot dkk. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas

Terbuka.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfbeta.

Yunus, A. S. M. (2009). “Motivation in the Learning of Mathematics”. European

Journal of Social Sciences. Vol. 7, hal: 93–101.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.28-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ