PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN VISUAL – AUDITORI – KINESTETIK (VAK)

Hafiz Faturahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar matematika siswa selama penerapan pendekatan VAK, respon siswa selama penerapan pendekatan VAK, proses pembelajaran saat pendekatan VAK diterapkan. Penelitian dilakukan di MTs N 32 Jakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 67 meningkat menjadi 83,5 pada siklus II, diikuti dengan peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, menyusun rencana, melakukan perhitungan, dan menguji kembali. Selain kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar dan respon siswa menunjukkan peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 63,27% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,91%. Berdasarkan jurnal harian, rata-rata persentase respon positif siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 51,44% menjadi 71,43% pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dedy, Endang, dkk. 2004. “Penyuluhan Tentang Pembelajaran Matematika Dengan

Pemecahan Masalah (Problem Solving) Kepada Guru-guru Sekolad Dasar”.

Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Pendidikan MIPA UPI

Bandung.

DePotter, Bobbi. 2001. Quantum Teaching (cetakan ke-4). Bandung: Kaifa.

Duckeet, Ian. Quick Guide Effective Practice. [Dari

http://www.itslifejimbutnotasweknowit.org.uk/files/LearningStyles.pdf] diakses

pada 22 Januari 2012.

Lidinillah, Didin Abdul Muiz. Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan

Pelajarannya di Sekolah Dasar, dari

http://abdulmuizlidinillah.files.wordpress.com/2009/03/ heuristik-pemecahan

masalah.pdf.

Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook. McGraw-Hill.

Rose, Colin. 2002. Accelerated Learning For The 21th Century (cetakan ke-3).

Bandung: Nuansa.

Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam

Pendidikan Matematika. Yogjakarta: Diknas PPPG Matematika.

Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Sumarmo, Utari. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik. Bandung: UPI.

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP / MTs

untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK

Matematika

Wardhani, Sri, dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

di SD. Yogyakarta: PPPPTK MATEMATIKA.

Wilson, Sandra L. The Impact of Learning Styles on High Stakes Testing: Perspectives

from Mississippi Delta Area Teachers. Online. Sumber:

http://www.auburn.edu/~witteje/ilsrj/Journal%20Volumes/Fall%202008%20Volu

me%201%20PDFs/Impact%20of%20Learing%20Styles%20on%20High%20Stak

es%20Testing.pdf. Diakses pada 29 Februari 2012.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ