PENGARUH LETAK GEOGRAFIS SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.82-96Abstract
Belajar merupakan kunci utama dalam dunia pendidikan, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan nasional tergantung dalam proses pembelajaran yang dialami siswa. Selama proses belajar seringkali ditemui masalahmasalah dalam pembelajaran. Salah satu masalah belajar seringkali berkaitan dengan konsentrasi belajar. Konsentrasi merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan, hal tersebut disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi siswa untuk berkonsentrasi, di antaranya adalah kebisingan, acara lebih menarik dan sebagainya. Berdasarkan hal ini peneliti mencoba untuk melihat pengaruh letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah pengaruh letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif metode survei. Populasinya adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tangerang Selatan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tangerang Selatan, Ssekolah Menengah Pertama Islamiyah Ciputat, Madrasah Tsanawiyah Serpong dan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 16 Ciputat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling dan ClusterRandom Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan teknik regresi berganda dengan variabel dummy. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif antara letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan angka indeks korelasi product moment 0,303. Sedangkan tingkat pengaruh yang diperoleh dari letak geografis sekolah dengan konsentrasi belajar sebesar 9,2%.References
Aprilia, Diana, dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan
Kontrak (Contingency Contracting) untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan
Bimbingan Konseling Volume: 2 No. 1, Tahun 2014.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badan Standarisasi Nasional (BSN). (2004). Tata Cara Perencanaan Lingkungan
Perumahan di Perkotaan.
Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar Program Pascasarjana. Surakarta:
Universitas Negeri Sebelas Maret.
B. Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar
yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Danim, Surdarwan. (2010). Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.
_____________. (2008). Visi Misi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi
Kelembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran
Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Istianah. (2008). Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta.
Juanda, Bambang. (2009). Ekonometrika Pemodelan dan Pendugaan. Bogor: IPBPress.
Latif, Abdul. (2009). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika
Aditama.
Mariyana, Rita, dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta:
Andi.
Rasyad, Aminuddin. (2006). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press
dan Yayasan PEP-EX8.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru
Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Proses Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
________. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Syamsiah. (2011). Pengaruh Puasa Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta.
Thabrany, Hasbullah. (1995). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, PT. Lentera Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).