SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI PREDIKTOR KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA

Hikmatul Khusna, Asih Miatun

Abstract


Matematika yang diajarkan pada perguruan tinggi merupakan pembelajaran matematika tingkat tinggi. Sebagai calon guru matematika, kemampuan yang penting dimiliki salah satunya adalah kemampuan pembuktian matematis. Untuk menumbuhkan kemampuan ini diperlukan strategi khusus yaitu melalui self regulated learning. Penelitian mengenai dampak self regulated learning terhadap pencapaian belajar mahasiswa menunjukan hasil yang beragam, hal ini menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self regulated learning dengan kemampuan pembuktian matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 calon guru matematika yang mengambil mata kuliah analisis riil di FKIP UHAMKA tahun 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self regulated learning dan tes kemampuan pembuktian matematis. Data penelitian yang telah didapat diolah menggunakan rasch model untuk mendapatkan nilai logit. Selanjutnya dengan menggunakan SPSS dilakukan uji normalitas dan linieritas. Untuk mencari korelasi antara self-regulated learning dan kemampuan pembuktian matematis dilakukan uji korelasional untuk mendapatkan nilai korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat hubungan antara self regulated learning terhadap kemampuan pembuktian matematis. Sehingga self regulated learning tidak memberikan pengaruh pada kemampuan pembuktian matematis calon guru matematika.


Keywords


Self Regulated Learning; Kemampuan Pembuktian Matematis, Calon Guru Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Husna, A., Hanggara, Y., Abadi, A. M., & Mahmudi, A. (2020). Analysis of mathematical proof ability in abstract calgebra course. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 823–834. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080313

Amelia, E., & Tjalla, A. (2016). Relationship Between Self Regulated Learning With Problem Solving Ability Learning Mathematics To Students in. October.

Asmar, A., & Hafizah, D. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. 9(2), 221–230.

Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamathh Pada Materi Aljabar Kelas Vii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen the Use of Rasch Model for Analyzing Test. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50.

Boone, W. J. (2016). Rasch analysis for instrument development: Why,when,and how? CBE Life Sciences Education, 15(4). https://doi.org/10.1187/cbe.16-04-0148

Chan, S. W., Ismail, Z., & Sumintono, B. (2014). A Rasch Model Analysis on Secondary Students’ Statistical Reasoning Ability in Descriptive Statistics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 129, 133–139. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.658

Duru, D. C., & Okeke, S. O. C. (2021). Self-regulated learning skill as a predictor of mathematics achievement: a focus on ability levels. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 86. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5708

Fauziah, R., Hasanuddin, H., & Nuh, Z. M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 211. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.8073

Frey, N., Fisher, D., & Hattie, J. (2017). Surface, Deep, and Transfer? Considering the Role of Content Literacy Instructional Strategies. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 60(5), 567–575. https://doi.org/10.1002/jaal.576

Güler, G. (2016). The Difficulties Experienced in Teaching Proof to Prospective Mathematics Teachers: Academician Views. Higher Education Studies, 6(1), 145. https://doi.org/10.5539/hes.v6n1p145

Herizal, H. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. Vygotsky, 2(1), 33. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.187

Kramarski, B., Weisse, I., & Kololshi-Minsker, I. (2010). How can self-regulated learning support the problem solving of third-grade students with mathematics anxiety? ZDM - International Journal on Mathematics Education, 42(2), 179–193. https://doi.org/10.1007/s11858-009-0202-8

Lesmanawati, Y., Rahayu, W., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 593–603. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.400

Marlibi, M., Aspin, A., & Silondae, D. P. (2021). Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Matematika Dan Bahasa Inggris. Jurnal Sublimapsi, 2(2), 1. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i2.11453

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Pengaruh geogebra online berbasis scaffolding dan tingkat self regulate learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 124–136. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.34499

Nahdi, D. S. (2017). Self Regulated Learning sebagai Karakter dalam Pembelajaran Matematika. The Original Research of Mathematics, 2(1), 20.

Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381–388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.143

Sari, C. K., Waluyo, M., Ainur, C. M., & Darmaningsih, E. N. (2018). Logical errors on proving theorem. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012059

Viki, V. F., & Handayani, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 189–202. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.906

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.131-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ