PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran problem solving dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Dengan sampel penelitian adalah siswa kelas 8.1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 8.2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap nilai gain diperoleh thitung 3,33, dan ttabel 2,000 pada taraf signifikansi α 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Referensi
Depdiknas. (2004). STANDAR ISI, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika
SMA-MA. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas.
Depdiknas. (2006). PERMEN 22 Th.2006-STANDAR ISI, Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Matematika SMA-MA. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan
Dasar dan Menengah, Diknas.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Driana, E. (2013). Menyikapi Hasil PISA 2012. Kompas, 6 Desember, h. 6.
Jazuli, A. (2009). Berpikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Purwokerto:
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Miliyawati. (2012). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2011). Principles and Standards for
School Mathematics.Reston, VA : NCTM
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhani, S. (2008). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (Implikasinya Terhadap
Tugas Guru Matematika SMP/MTs dalam Pengembangan KTSP). Yogyakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual
Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava
Media.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).