UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VIII-C SMP MUHAMMADIYAH 29 SAWANGAN DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.31-43Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan-Depok dengan jumlah total 34 orang terdiri atas 24 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk uraian dan instrumen non tes lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atauClassroom Action Research (CAR). Desain penelitian yang digunakan adalah desain dengan alur Model Lewin. Prosedur penelitian meliputi tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari; rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yang diperoleh minimal 70% dari rata-rata pada setiap siklusnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif, yang mengikuti konsep yang diberikan Hiles dan Huberman yang terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas.References
Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fatade Olufemi, Alfred, dkk. (2013). “Effect of Problem-Based Learning On Senior
Secondary School Students’ Achievements in Further Mathematics”. Acta Didactica
Napocensia. Vol 6(3). 01-44.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tasoglu, Kartal Aslihan dan Bakac, Mustafa. (2014). “The Effect of Problem Based Learnin
Approach on Conceptual Understanding in Teaching of Magnetism Topics”. Eurasian
Journal of Physics and Chemistry Education. Vol 6(2), 110-122.
Vebdola, Niniawati dan Fauziah. (2013). “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui
Strategi Problem Based Learning Pada Kelas X SMA”. Vol 42(2). 25-65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).