PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DASAR LAYANAN JURUSAN NON EKSAK

Finola Marta Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar Matematika Dasar Layanan seperti yang sesuai untuk diterapkan pada Jurusan Non Eksak. Teknik pengumpulan data berupa lembar kuesioner untuk mahahasiswa mengenai bahan ajar yang telah digunakan selama ini dan angket untuk dosen sebagai validator yang digunakan untuk memvalidasi produk (bahan ajar) yang telah peneliti hasilkan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar Matematika Dasar Layanan yang yang sesuai dengan permintaan mahasiswa untuk diterapkan pada Jurusan Non Eksak yaitu bahan ajar yang memuat lebih banyak contoh soal, sehingga mahasiswa dapat mengerjakan latihan soal yang serupa dan apabila diberikan soal yang kemampuannya lebih tinggi maka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Kristian, N., Suyono., dan Sunaryo. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan

Penelitian Berbasis Pengayaan Skemata Bacaan”, dalam Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, dan Pengembangan. [Online]. Tersedia:

http://journal.um.ac.id/plugins/generic/pdfJsViewer/pdf.js/build/pdf.worker.js. [16 Juli

.

Haryati. (2012). Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian

dalam Bidang Pendidikan. Artikel. [Online]. Tersedia:

http//download.portalgaruda.org/article.php?article=60637&val=4518&title=. [14 Maret

.

Hermawan, AH., Deni, D., Didi, S., dan Dinn, W. (2007). “Teori Mengajar”, dalam Ilmu dan

Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Putri, FM. (2009). “Aktivasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Kooperatif

Pendekatan Struktural Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Pekanbaru”. Skripsi Universitas Riau.

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach and Development.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryadi, D. (2007). “Pendidikan Matematika”, dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.

Bandung: Pedagogiana Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.44-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ