PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Quantum Teaching dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian
non-equivalent contol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Husna Kota Tangerang, pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling. Sehingga sampel yang didapat adalah siswa SMP sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen, yaitu kelas yang memperoleh model pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Teaching dan kelas kontrol yaitu siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: BSNP.
Kosasih, N dan Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan.
Bandung: Alfabeta.
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston. VA:
NCTM.
NCTM. (2005). Exploring Math: An Intervention and Reinforcement Resource. Teacher
Created Materials. Reston. VA: NCTM.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.53-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |