PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA
Abstract
Solving dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta mata kuliah Geometri pada tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, jurnal harian peserta didik, pedoman wawancara, tes pemecahan masalah matematika, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik 73 meningkat 8,0 menjadi 81 pada siklus II. Selain hasil belajar matematika, aktivitas belajar peserta didik dan respon peserta didik menunjukkan peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,5% dan meningkat 6,1% pada siklus II menjadi 73,6%. Berdasarkan jurnal harian, rata-rata persentase respon positif peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 59,2% meningkat 20,7% menjadi 79,8% pada siklus II.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. and Zanzali, N. (2006). “Problem Posing Abilities in Mathematics of Malaysian
Primary year 5 Children: An Exploratory Study”. Jurnal Pendidikan Universitas
Teknologi Malaysia. 1-9.
Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lee, S. (2010). :The Effect of Alternative Solutions on Problem Solving Performance”. Taipei
Municipal University of Education. Vol. 1 (1), hal: 1-17.
Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan
Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya:
UNESA University Press.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Xia, X., Lü, C., Wang, B. (2008). “Research on Mathematics Instruction Experi-ment Based
Problem Posing”. Journal of Mathematics Education. Vol. 1 (1), hal: 153-165.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |