PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.1-7Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran ProblemSolving dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta mata kuliah Geometri pada tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, jurnal harian peserta didik, pedoman wawancara, tes pemecahan masalah matematika, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik 73 meningkat 8,0 menjadi 81 pada siklus II. Selain hasil belajar matematika, aktivitas belajar peserta didik dan respon peserta didik menunjukkan peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,5% dan meningkat 6,1% pada siklus II menjadi 73,6%. Berdasarkan jurnal harian, rata-rata persentase respon positif peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 59,2% meningkat 20,7% menjadi 79,8% pada siklus II.References
Ahmad, S. and Zanzali, N. (2006). “Problem Posing Abilities in Mathematics of Malaysian
Primary year 5 Children: An Exploratory Study”. Jurnal Pendidikan Universitas
Teknologi Malaysia. 1-9.
Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lee, S. (2010). :The Effect of Alternative Solutions on Problem Solving Performance”. Taipei
Municipal University of Education. Vol. 1 (1), hal: 1-17.
Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan
Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya:
UNESA University Press.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Xia, X., Lü, C., Wang, B. (2008). “Research on Mathematics Instruction Experi-ment Based
Problem Posing”. Journal of Mathematics Education. Vol. 1 (1), hal: 153-165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).