PENGGUNAAN SOFTWARE LINDO DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA ANGKATAN 2013 PADA MATAKULIAH PROGRAM LINIER

Hastri Rosiyanti

Abstract


Dalam matakuliah Program Linier peneliti melakukan penelitian tindakakan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa angkatan 2013 dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software
LINDO. Program Linier adalah metode matematik dalam mengalokasikan sumberdaya yang langka untuk mencapai tujuan tunggal seperti memaksimumkan keuntungan atau meminimumkan biaya. Metode penemuan terbimbing merupakan metode pengembangan dari Teori Konstruktivisme Pieget yaitu pembelajaran yang menekankan pentingnya kegiatan mahasiswa yang aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri. Secara umum, software LINDO akan menyediakan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam belajar merumuskan, menyelesaikan serta menaksir kebenaran dan kelayakan rumus berdasarkan penyelesaiannya. Secara umum terjadi peningkatan motivasi belajar mahasiswa sebesar 2,82% dari siklus I (69,46%) ke siklus II (72,28%) dan sebesar 2,83% dari siklus II (72,28%) ke siklus III (75,11%). Motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah program linier dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software LINDO telah mencapai 75,11% dengan kategori tinggi. Lebih lanjut mahasiswa menyukai pembelajaran penemuan terbimbing dengan software
LINDO dengan hasil persentasi 93,75%.

Full Text:

PDF

References


Markaban. (2006). Model pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan

Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan

Penatran Guru Matematika.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutikno, Sobry. (2009). Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan

Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.19-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ