MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING
Abstract
experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Jakarta Timur dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampelnya sebanyak 27 siswa kelas VIII-3 sebagai kelompok kontrol dan 31 siswa kelas VIII-5 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian merupakan skala disposisi yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Uji ANOVA dua jalur serta uji lanjutannya, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis secara kualitatif diketahui siswa kelas VIII dapat memetaforakan suatu konsep matematika serta dapat mengaitkan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Selanjutnya hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa antara kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan
metaphorical thinking dan kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan cara konvensional tidak terdapat perbedaan, serta tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Atallah, F., Bryant, S.L., Dada, R. (2006). A Research Framework for Studying Conceptions
and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in
Higher Education Journal. pp. 1-8.
Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Amerika:
Wm. C. Brown Company Publisher.
BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.
Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dogan-Dunlap, H. (2007) Reasoning with Metaphors and Constructing an Understanding of
The Mathematical Function Concept. Dalam Woo, J.H., Lew, H. C., Park, K. S., & Seo, D. Y. (Eds). Proceedings of the 31st Conference of the International Group for
the Psychology of Mathematics Education. Vol. 2, pp. 209-216.
Ferarra, F. (2003). Bridging Perception and Theory: What Role Can Metaphors and Imagery
Play?. Journal European Research In Mathematics Education. Vol. 3, pp. 1-9
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]
Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain [4 November
.
Hendriana, H. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis
Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan
Pendekatan Methaporical Thinking. Disertasi PPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.
Kilic, C. (2010). Belgian and Turkish Pre-Service Primary School Mathematics Teachers’
Metaphorical Thinking about Mathematics. CERME Vol. 7 WG 11, pp 1-10.
Kilpatrick, J.,Swafford, J., & Findell, B. (Eds). (2001). Adding It Up: Helping Children
Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
dan Disposisi Matematis. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan UNY, 17 April
Yogyakarta: FMIPA UNY
Maxwell, K. (2001). Positive Learning Dispositions in Mathematics. [Online]
Tersedia:http://www.education.auckland.ac.nz/uoa/fms/default/education/docs/word/r
esearch/foed_paper/issue11/ACE_Paper_3_Issue_11.doc.[28 Januari 2013].
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in
Mathematics. Netherlands: IEA.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and Evaluation
Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur
Nunez, R. (2000). Mathematical idea analysis: What embodied cognitive science can say
about the human nature of mathematics. Proceedings of PME 24. Vol.1, pp. 3-22.
Schinck, A.G., Neale, H.W., Pugalee, D.K., & Cifarelli, V.V. (2008). Structures, Journeys,
and Tools: Using Metaphors to Unpack Student Beliefs about
Mathematics.[Online].Tersedia:http://math.unipa.it/~grim/21_project/21_charlotte_Sc
hinckPaperEdit.pdf . [30 April 2013].
Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Siswa Sekolah Menengah
Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal EDUCATIONIST. Vol. III, No. 2, pp.
-136.
Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan disposisi
Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Disajikan pada Seminar Pendidikan
Matematika, 25 Februari 2012. NTT.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |