MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

Nurbaiti Widyasari, Jarnawi Afgani Dahlan, Stanley Dewanto

Abstract


Tujuan penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking. Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan bentuk desain quasi
experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Jakarta Timur dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampelnya sebanyak 27 siswa kelas VIII-3 sebagai kelompok kontrol dan 31 siswa kelas VIII-5 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian merupakan skala disposisi yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Uji ANOVA dua jalur serta uji lanjutannya, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis secara kualitatif diketahui siswa kelas VIII dapat memetaforakan suatu konsep matematika serta dapat mengaitkan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Selanjutnya hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa antara kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan
metaphorical thinking dan kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan cara konvensional tidak terdapat perbedaan, serta tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Atallah, F., Bryant, S.L., Dada, R. (2006). A Research Framework for Studying Conceptions

and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in

Higher Education Journal. pp. 1-8.

Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Amerika:

Wm. C. Brown Company Publisher.

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dogan-Dunlap, H. (2007) Reasoning with Metaphors and Constructing an Understanding of

The Mathematical Function Concept. Dalam Woo, J.H., Lew, H. C., Park, K. S., & Seo, D. Y. (Eds). Proceedings of the 31st Conference of the International Group for

the Psychology of Mathematics Education. Vol. 2, pp. 209-216.

Ferarra, F. (2003). Bridging Perception and Theory: What Role Can Metaphors and Imagery

Play?. Journal European Research In Mathematics Education. Vol. 3, pp. 1-9

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]

Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain [4 November

.

Hendriana, H. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis

Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan

Pendekatan Methaporical Thinking. Disertasi PPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Kilic, C. (2010). Belgian and Turkish Pre-Service Primary School Mathematics Teachers’

Metaphorical Thinking about Mathematics. CERME Vol. 7 WG 11, pp 1-10.

Kilpatrick, J.,Swafford, J., & Findell, B. (Eds). (2001). Adding It Up: Helping Children

Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

dan Disposisi Matematis. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan UNY, 17 April

Yogyakarta: FMIPA UNY

Maxwell, K. (2001). Positive Learning Dispositions in Mathematics. [Online]

Tersedia:http://www.education.auckland.ac.nz/uoa/fms/default/education/docs/word/r

esearch/foed_paper/issue11/ACE_Paper_3_Issue_11.doc.[28 Januari 2013].

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in

Mathematics. Netherlands: IEA.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and Evaluation

Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur

Nunez, R. (2000). Mathematical idea analysis: What embodied cognitive science can say

about the human nature of mathematics. Proceedings of PME 24. Vol.1, pp. 3-22.

Schinck, A.G., Neale, H.W., Pugalee, D.K., & Cifarelli, V.V. (2008). Structures, Journeys,

and Tools: Using Metaphors to Unpack Student Beliefs about

Mathematics.[Online].Tersedia:http://math.unipa.it/~grim/21_project/21_charlotte_Sc

hinckPaperEdit.pdf . [30 April 2013].

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Siswa Sekolah Menengah

Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal EDUCATIONIST. Vol. III, No. 2, pp.

-136.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan disposisi

Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Disajikan pada Seminar Pendidikan

Matematika, 25 Februari 2012. NTT.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ