PENGARUH STRATEGI HEURISTIK VEE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK
Abstract
only design. Subyek penelitian ini adalah 55 mahasiswa yang terdiri dari 28 mahasiswa kelompok eksperimen dan 27 mahasiswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik vee sebesar 83,96 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 78,3.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R W. ( ) Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Rosyada, Dede. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.
Gerald J. Calais. (2009). “The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Content Area
Reading/Writing Implication”. National Forum Teacher Education Journal. Vol 19
(3).
Idris, Noraini. (2009). Enhancing Students Understanding In Calculus Trough Writing.
Malaysia: International Electronic Jurnal of Mathematics Education.
Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Rosemata Sempura.
Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children
Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Ni Md. Okty Purwani dkk (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap
Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Mendoyo”. Mimbar
PGSD : Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1) [e-Journal]
Ozgul Keles and Sibel Ozsoy (2009). “Pre-service teachers’ attitudes toward use of Vee
diagrams in general physics laboratory”. Internasional Electronic Journal of
Elementary Education. Vol 1, (3), Juni.
Suhenda (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI
Wardhani, Sri (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk
Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan
dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |