PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Prayogo Pangestu, Apri Utami Parta Santi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hipotesis peneliti yang menduga adanya pengaruh antara pendidikan matematika realistik yang diterapkan guru dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap suasana pembelajaran yang terjadi di kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Putih 01 Ciputat, kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan angket sebagai instrumen pokok. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV-B yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampeling jenuh. Instrumen yang diberikan adalah angket dengan pernyataan untuk pendidikan matematika realistik sebanyak 12 pernyataan dan kesenangan belajar siswa sebanyak 15 pernyataan. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi sederhana, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,675, sedangkan rtabel pada taraf signifikan 0,5 yaitu sebesar 0,355. Maka dapat dikatakan bahwa rhitung > rtabel. Hal ini menunjukan adanya pengaruh yang kuat antara pendidikan matematika realistik terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal ma’mur. (2012). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogyakarta: Diva Press.

Abduh, Muhammad. (2010). Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Effendi, Tukiran dan Sofyan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Fitriana, Hanny. (2010). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta:

Rajawali Press.

Hartono, Yusuf. (2010). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas

Terbuka.

H.Idris, Metty H. (2014). Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima Metro

Media.

Lidinillah, Muiz. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Tasikmalaya:

Kampus Tasikmalaya.

Ningsih, Seri. (2014). “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran

Matematika Sekolah”. JPM IAIN Antasari. Vol.2 (2).

Rasyad, Amiuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru -Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung: Alfabeta.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertariat

Negara.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan

Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Supardi U.S. (2012). Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar

Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Supriyadi, Edy. (2014). SPSS + Amos. Jakarta: In Media.

Windayana, Husen. (2007). “Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan

Berpikir Logis, Kreatif, dan Kritis, Serta Komunikasi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal

Pendidikan Dasar. No.8.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ