PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.90-98Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model PBI yang valid, (2) mendapatkan efektivitas pembelajaran matematika dengan model PBI dan (3) mengetahui apakah perangkat pembelajaranan matematika model PBI praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), modul pembelajaran, dan worksheet. Kevalidan perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan validasi tim ahli dan teman sejawat, hasil penilaian oleh lima validator diperoleh kriteria valid dengan klasifikasi baik dan sangat baik. Keefektivan pembelajaran didapatkan dengan lembar pengamatan keaktifan mahasiswa, diperoleh hasil keaktifan mahasiswa termasuk kategori aktif. Sedangkan uji kepraktisan perangkat pembelajaran, dari uji lapangan diperoleh hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran, angket respon pengajar dan mahasiswa terhadap pemakaian perangkat pembelajaran semuanya menunjukkan hasil yang baik.References
Hake, R.R. (1998). “Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six –
Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course”.
American Association of Physic Teacher. Vol 66 (1), hal: 64-74.
Kennedy, N.S. (2009). “Toward a Dialogical Pedagogy: Some Characteristic of Community
of Mathematics Inquiry”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Tecnology
Education. Vol 5 (1), hal: 71 – 78.
Rochmad, (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan
Konstruktivisme yang Melibatkan Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif (Model
PMBK-ID) untuk Siswa SMP/MTs. Desertasi, Universitas Negeri Surabaya.
Rosita, Ida. (2013). Upaya Penerapan Metode Problem Based Instruction untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.
Siahaan, Sudirman. (2003). “E–Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu
Alternetif Kegiatan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No.042–Mei
Jakarta: Depdiknas
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif, Konsep, Landasan.dan
Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta:
Kencana Prenada Media Grop.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).