PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Ririn Widiyasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model PBI yang valid, (2) mendapatkan efektivitas pembelajaran matematika dengan model PBI dan (3) mengetahui apakah perangkat pembelajaranan matematika model PBI praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), modul pembelajaran, dan worksheet. Kevalidan perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan validasi tim ahli dan teman sejawat, hasil penilaian oleh lima validator diperoleh kriteria valid dengan klasifikasi baik dan sangat baik. Keefektivan pembelajaran didapatkan dengan lembar pengamatan keaktifan mahasiswa, diperoleh hasil keaktifan mahasiswa termasuk kategori aktif. Sedangkan uji kepraktisan perangkat pembelajaran, dari uji lapangan diperoleh hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran, angket respon pengajar dan mahasiswa terhadap pemakaian perangkat pembelajaran semuanya menunjukkan hasil yang baik.

Full Text:

PDF

References


Hake, R.R. (1998). “Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six –

Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course”.

American Association of Physic Teacher. Vol 66 (1), hal: 64-74.

Kennedy, N.S. (2009). “Toward a Dialogical Pedagogy: Some Characteristic of Community

of Mathematics Inquiry”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Tecnology

Education. Vol 5 (1), hal: 71 – 78.

Rochmad, (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan

Konstruktivisme yang Melibatkan Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif (Model

PMBK-ID) untuk Siswa SMP/MTs. Desertasi, Universitas Negeri Surabaya.

Rosita, Ida. (2013). Upaya Penerapan Metode Problem Based Instruction untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Siahaan, Sudirman. (2003). “E–Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu

Alternetif Kegiatan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No.042–Mei

Jakarta: Depdiknas

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif, Konsep, Landasan.dan

Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta:

Kencana Prenada Media Grop.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.90-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ