HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF: KONTEKS JUAL BELI DI MAL

Sonia Dewi Fitriani, Farida Nursyahidah, Irkham Ulil Albab

Abstract


Aritmatika sosial merupakan materi yang sangat penting dikuasai oleh siswa, namun siswa masih kesulitan dalam menguasai dan memahami materi tersebut. Kesulitan tersebut dapat menghambat siswa menuju langkah selanjutnya yaitu penyelesaian soal. Oleh karena itu dibutuhkan pendesainan pembelajaran menggunakan pendekatan dan media inovatif, salah satunya menggunakan PMRI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah design research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: preliminary design,  design experiment, retrospective analysis. Penelitian ini merumuskan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam tiga aktivitas yaitu: (1) aktivitas menemukan konsep persentase dan menyelesaikan permasalahan kontekstual yang ada di dalamnya; (2) aktivitas menemukan konsep untung rugi serta persentasenya dan menyelesaikan permasalahan kontekstual yang ada di dalamnya; (3) aktivitas menemukan konsep bruto, netto, tara beserta persentasenya dan menyelesaikan permasalahan kontekstual aritmatika sosial. Rancangan  tersebut diharapkan dapat memfasilitasi siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami konsep dan memecahkan masalah matematis dalam materi aritmatika sosial.

Keywords


Design research; HLT; aritmatika sosial; PMRI; Jual beli di mal

Full Text:

PDF

References


A Agustina, R. (2018) Analisis Penyebab Konsumen Lebih Memilih Berbelanja Di Pasar Tradisional Di Bandingkan Pasar Moder. skripsi. jurusan ekonomi syari’ah insritut agama islam negeri metro, Skripsi, p. 92. Available at: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1869.

Anggraeni, R. and Fitrianna, A.Y. (2021). Soal Aritmatika Sosial Selama Pandemi Covid-19, 4(5), pp. 1269–1278. doi:10.22460/jpmi.v4i5.1269-1278.

Bakker, A. (2004). In Design Research in Statis- tics Education. On Symbolizing and Com- puterTools. Amersfoort: Wilco Press.

Fahrurozi, A. et al. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building, JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(2), p. 78. doi:10.23917/jramathedu.v3i2.6616.

Fitriyana, E.V. and Nursyahidah, F. (2022). Desain Pembelajaran Limas Berkonteks Atap Masjid Agung Jawa Tengah Berbantuan Video, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), p. 1423. doi:10.24127/ajpm.v11i2.4272.

Gravemeijer, K. & Cobb, P. (2006). Design research from a Learning Design Perspective. In (Eds) van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N., Educational design research (h. 17-51). New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203088364

Gravemeijer, K., & van Eerde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in mathematics education. The elementary school journal, 109(5), 510-524. https://www.journals.uchicago.edu/doi/full/10.1086/596999

Kemendikbud. 2022. Keputusan Kepala BSKAP Tentang Capaian Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Khan, S.B.S. and Salman, R. (2020). Influence of mathematics in our daily lives, Arts & Humanities Open Access Journal, 4(2), pp. 50–52. doi:10.15406/ahoaj.2020.04.00152.

Lestariningsih. (2010). Desain Pem- belajaran Matematika Legenda Pulau Kemaro pada Pem- belajaran Statistika di Kelas VI Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2012. pp 215-224.

Li, C. (2022). Foreign language learning boredom and enjoyment: The effects of learner variables and teacher variables. Language Teaching Research, 13621688221090324.

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61-70.

Nursyahidah, F., Putri, R. I. I., & Somakim. (2013). Supporting first grade students’ understanding of addition up to 20 using traditional game. Journal on Mathematics Education, 4(2), 212–223. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.557.212-223

Nursyahidah, F., Putri, R. I. I., & Somakim. (2014). Instructional Design of Subtraction Using PMRI Approach Based On Traditional Game. 978, 132–141.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). Supporting second grade lower secondary school students understanding of linear equation system in two variables using ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012119

Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2021). Learning Design on Surface Area and Volume of Cylinder Using Indonesian Ethno-mathematics of Traditional Cookie maker Assisted by GeoGebra. Mathematics Teaching Research Journal,13(4), 79-98.

Paramitha, N. and Yunianta, T.N.H. (2017) Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi, Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 1(10), pp. 983–994. Available at: http://e-jurnalmitrapendidikan.com.

Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2017). Fraction in shot-put: A learning trajectory. AIP Conference Proceedings, 1868(August 2017). https://doi.org/10.1063/1.4995132

Rahman, Z.H. and Setyaningsih, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3), pp. 248–253.

Risnawati (2013). Pengaruh Pendekatan Realisitic Mathematics Education Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Self-Efficacy Mahasiswa, 6(1), pp. 37–45.

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 567–574. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.567-574

Sembiring, R., Hoogland, K., & Dolk, M. (2010). A_decade_of_PMRI_in_Indonesia_red_Sembiring_Hoogland_Dolk.pdf.

Sitompul, S.H. (2022). Pengembangan Lintasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Segitiga Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Vii Mtsn 2 Padangsidimpuan, 06(01), pp. 17–35.

Simonson. (2006). Design-Based Research, Aplications for Distance Education. The Quarterly Review of Distance Education, Volume 7(1): vii-viii Tim Pustaka Jawatimuran

Surya, A., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2017). Desain Pembelajaran Statistika Menggunakan Konteks Mal di Kelas V. Jurnal Elemen, 3(2),149. https://doi.org/10.29408/jel.v3i2.3 44

Treffers, A. (1991). Didactical background of a mathematics program for primary education, in L. Streefland (Ed.), Realistic Mathematics Education in Primary School: On the Occasion of the Opening of the Freudenthal Institute, (pp. 21-56). Utrecht: CD-?? Press, Center for Science and Mathematics Education, Freudenthal Institute, Research Group on Mathematics Education, Utrecht University.

Uszyńska-Jarmoc, J. and Kunat, B. (2020) Students and Teachers Implicit and Explicit Theories of Creativity, Creativity, 6(2), pp. 223–249. doi:10.1515/ctra-2019-0013.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.219-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ