ANALISIS ASPEK NORMA SOSIOMATEMATIK BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.13-26Keywords:
Norma Sosiomatematik, Berpikir Kreatif Matematis, Peserta DidikAbstract
Norma sosiomatematik merupakan suatu norma yang menyatakan kecerdasan sosial yang dimiliki oleh setiap peserta didik dan sangat mudah untuk dikembangkan. Hal ini karena norma sosiomatematika berkaitan dengan kegiatan interaksi dan negosiasi antar setiap individu yang satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadari bagaimana analisis aspek norma sosiomatematik berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tiga subjek penelitian diambil dari 30 peserta didik yang telah mengerjakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Selanjutnya, subjek diambil berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwasannya peserta didik yang memperoleh kategori tinggi saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya tinggi pula yaitu dengan 80 skor, peserta didik dengan kategori sedang saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya sedang pula yaitu dengan 72 skor, dan peserta didik yang termasuk kategori rendah hasil angketnya juga rendah dengan 70 skor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasannya setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang tinggi dikarenakan peserta didik dapat memenuhi semua indikator norma sosiomatematik, kemudian setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang pun memiliki aspek norma sosiomatematik yang sedang dikarenakan peserta didik hanya menangkup 3 indikator dari 5 indikator yang ada dan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang rendah pula dikarenakan hanyamemenuhi 2 indikator dari 5 indikator yang adaReferences
Adi Widodo, S., Turmudi, & Afgani Dahlan, J. 2019. "Can Sociomathematical Norms Be Developed with Learning Media?" Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1315(1), pp:1742-6596.
Agustina, I. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif". Fibonaci, Vol. 1(3), pp:1–11.
Aisy, M. R., & Ismah, I. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar". Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 7(2), 85, pp: 85-90
Anisa, S., Supriadi, N., & Pratiwi, D. D. 2019. "Norma Sosiomatematik Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa peran penting dalam berbagai disiplin dan rasa ketertarikan pada suatu hal , tendency to pay attention to and enjoy kecenderungan yang tetap untuk pokok bagi siswa untuk berusaha dalam". Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol 3(2), pp:153–164.
Arwadi, F., & Rabani, M. H. 2022. "Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika". Vol.1(April), pp: 33–42.
Aslamiah, H. 2018. Studi Norma Sosiomatematik Dalam Pembelajaran Matematika. 107.
Dini, D. F. R., & Maarif, S. 2022. "Desimal : Jurnal Matematika". Desimal: Jurnal Matematika. Vol (1), pp: 31–102. https://doi.org/10.24042/djm
Firdausi, Y. N., & Asikin, M. 2018. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA )". FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang Usiyusrotin@gmail.Com, 1, pp: 239–247.
Güven, N. D., & Dede, Y. 2017. "Examining social and sociomathematical norms in different classroom microcultures: Mathematics teacher education perspective". Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri. Vol. 17(1), pp: 265–292. https://doi.org/10.12738/estp.2017.1.0383
Husen, D. 2015. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning". Bioedukasi Universitas Khairun. Vol. 3(2), pp:367–372.
Indriani, A., & Ardiani, F. 2019. "Karakteristik Berpikir Intuitif dan Norma Sosiomatematik Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol. 1(1), pp:310–321.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. 2022. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar". Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT). Vol 8(2), pp:117–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Lim, W., Yoon, H., Bae, Y., & Kwon, O. N. 2023. "The development of sociomathematical norms in the transition to tertiary exam-oriented individualistic mathematics education in an East Asian context". Educational Studies in Mathematics, pp: 57–78. https://doi.org/10.1007/s10649-022-10203-y
Marliani, N. 2015. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)". Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 5(1), pp: 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Morrison, S., Venkat, H., & Askew, M. 2021. "Journeys towards sociomathematical norms in the foundation phase". South African Journal of Childhood Education. Vol 11(1), pp:1–8. https://doi.org/10.4102/sajce.v11i1.927
Ningsih, A. W., & Maarif, S. 2021. "Analysis of Sociomathematical Norms in Mathematics Learning at 113 Junior High School". WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. Vol. 5(1), pp:43. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.9966
Nugraha, M. R. 2021. Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. 1, 235–248.
Purwaningrum, J. P. 2016. "Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach". Refleksi Edukatika. Vol. 6(2), pp: 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613
Renaldy, Y., & Maarif, S. 2022. "Analysis Study of Mathematical Representation Skills of High School Students Seen from the Perspective of Sociomathematical Norms". Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol. 6(2), pp:1856–1866. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3703
Rofiq, A. N., Hobri, & Setiawan, T. B. 2017. "Analisis Norma Sosiomatematik Dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VII-B SMP Negeri 4 Jember". Kadikma. Vol. 8(2), pp:87–94.
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. 2022. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik". Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). Vol. 4(2), pp:172–185.
Sari, D. M., Ikhsan, M., & Abidin, Z. 2018. "The development of learning instruments using the creative problem-solving learning model to improve students’ creative thinking skills in mathematics". Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1088, pp:0–5.
Schoevers, E. M., Leseman, P. P. M., Slot, E. M., Bakker, A., Keijzer, R., & Kroesbergen, E. H. 2019. "Promoting pupils’ creative thinking in primary school mathematics: A case study". Thinking Skills and Creativity. Vol. 31(February), pp:323–334. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.003
Sholihah, U. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. May. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8
Syah, J. M., & Sofyan, D. 2021. "Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga". Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1(2), pp: 373–384. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1270
Utari, R. S. 2017. "Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika". Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, November. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/01/men
Widodo, S. A., & Purnami, A. S. 2018. "Mengembangkan Norma Sosiomatematik Dengan Team Accelerated Instruction". NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 2(1), pp: 29. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.238
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).