PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN GENERALISASI DAN BERPIKIR DINAMIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FI-FD
Abstract
Kemampuan berpikir aljabar sangat diperlukan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah matematika terutama permasalahan yang berkaitan dengan bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 42 siswa kelas 8 pada salah satu SMP swasta di Surakarta. Instrumen yang digunakan yaitu tes GEFT, soal tes berpikir aljabar, dan pedoman wawancara. Delapan subjek, masing-masing 4 subjek pada gaya kognitif FI dan FD dipilih secara purposive untuk dilakukan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti membatasi menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait generalisasi dan berpikir dinamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu menyelesaikan permasalahan terkait generalisasi dan berpikir dinamis. Sedangkan, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent mampu menyelesaikan soal generalisasi namun belum mampu menyelesaikan permasalahan terkait berpikir dinamis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar berkaitan dengan gaya kognitif siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Lestari, M. D. 2019. "The Position and Causes of Students Errors in Algebraic Thinking Based on Cognitive Style". International Journal of Instruction. Vol. 12(1), pp:1431–1444.
Aisy, M. R., & Ismah, I. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar". FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 7(2), pp:85-90. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.7.2.85-90
Alvinaria, Lukito, A., & Wijayanti, P. 2022. "Identification of Field Independent and Field DependentStudents’ Algebraic Thinking Using SOLO Taxonomy". JRPIPM: Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika. Vol. 5(2), pp:142–165. https://scholar.archive.org/work/keeca3qzzva2ncwiw2cucjoldm/access/wayback/https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/download/14782/7871
Ariyana, I. K. S.2016. "Pentingnya Membelajarkan Konten Aljabar dan Keterampilan Berpikir Aljabar Untuk Anak Usia Dini". Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK). Vol. 2(1), pp:1–23.
Badawi, A., Richmad, & Agoestanto, A. 2016. "Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII". Unnes Journal of Mathematics Education. Vol. 5(3), pp: 182–189.
Borko, H., Frykholm, J., Pittman, M., Eiteljorg, E., Nelson, M., Jacobs, J., Koellner-Clark, K., & Schneider, C. 2005. "Preparing Teachers to Foster Algebraic Thinking". ZDM - International Journal on Mathematics Education. Vol. 37(1), pp:43–52. https://doi.org/10.1007/BF02655896
Bråting, K., & Kilhamn, C. 2020. "Exploring the intersection of algebraic and computational thinking". Mathematical Thinking and Learning. Vol. 23(2), pp:170–185. https://doi.org/10.1080/10986065.2020.1779012
Cahyaningtyas, Novita, D., & Toto. 2018. "Analisis Proses Berpikir Aljabar". Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains. Vol. 5(1), pp:50–60.
Cutler, C. 2006. "Oral Retellings : Solution Strategy For Comparing Word Problems". Psychology of Mathematics Education. Vol. 1–10, pp: 1–1035.
Dindyal, J. 2004. "Algebraic Thinking In Geometry At High School Level: Students’ Use Of Variables And Unknowns". National Institute of Education. Vol. 27(21), pp:183–190. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/4428755
Driscoll, M., Zawojeski, J., Humez, A., Nikula, J., Goldsmith, L., & Hammerman, J. 2001. The Fostering Algebraic Thinking Toolkit: A Guide for Staff Development (Issue 3).
Dwirahayu, G., Halpiani, M., & Kustiawati, D. 2019. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar Melalui Pembelajaran Schema-Based Instruction dengan Strategi FOPS". Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 3(2), pp:105–116.
Eriksson, H., & Eriksson, I. 2020. "Learning actions indicating algebraic thinking in multilingual classrooms". Educational Studies in Mathematics. Vol. 106(3), pp:363–378. https://doi.org/10.1007/s10649-020-10007-y
Farida, I., & Hakim, D. L. 2021. "Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)". Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4(5), pp:1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136
Hasan, B. 2020. "Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Matematika". JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Vol. 3(4), pp:323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332
Hayah, N., Mallo, B., & Murdiana, I. N. 2019. "Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) Dan Field Dependent (FD)". AKSIOMA. Vol. 8(2), pp: 138–149.
Husna, A. L., & Masduki, M. 2023. "Analysis of spatial reasoning ability in geometry viewed from students’ cognitive style". In AIP Conference Proceedings. Vol. 2727 (1): 020067. https://doi.org/10.1063/5.0141426
Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. 2014. "Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung". MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume. Vol. 3(2), pp: 144–149.
Kagan, J., Rosman, B. L., Day, D., Albert, J., & Phillips, W. 1964. "Information processing in the child: Significance of analytic and reflective attitudes". Psychological Monographs: General and Applied. Vol. 78(1), pp:1–37. https://doi.org/10.1037/h0093830
Karomah, S. 2020. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya kognitif siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kieran, C. 2004. "Algebraic Thinking in the Early Grades : What Is It?". Mathematics Educator. Vol 8(1),pp: 139–151.
Kusumaningsih, W., Setiawan, P. Y., & Utami, R. E. 2020. "Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif dan Gender". Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 5(1), pp:86–96.
Lew, H.-C. 2004. "Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics 1". The Mathematics Educator. Vol. 8(1), pp:88–106.
Nisak, A. R. Z., As’ari, A. R., Rahardi, R., & Subanji. 2020. "The Relationship of Student ’ s Algrebraic Thinking and Cognitive Learning Style". Indonesia Mathematics Education. Vol. 3(2), pp:70–77.
Pathak, V., Jena, B., & Kalra, S. 2013. "Qualitative research". Perspectives in Clinical Research. Vol. 4(3), pp:192. https://doi.org/10.4103/2229-3485.115387
Radford, L. 2014. "The Progressive Development of Early Embodied Algebraic Thinking". Mathematics Education Research Journal. Vol. 26, pp: 257–277. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0087-2
Rahmawati, A. W., Juniati, D., & Lukito, A. 2019. "Algebraic Thinking Profiles of Junior High Schools’ Pupil in Mathematics Problem Solving". International Journal of Trends in Mathematics Education Research. Vol.2(4), pp:202–206. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.137
Riding, R. J. 1997. On the Nature of Cognitive Style. Educational Psychology. Vol.17(1–2),pp: 29–49.
Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. 2018. "Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender". Jurnal Numeracy. Vol. 5(April), pp: 77–90.
Sari, N. P. N. K., Fuad, Y., & Ekawati, R. 2020. "Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan". Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 11(1), pp:56–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22525
Setyawan, G., & Hayuhantika, D. 2018. "Proses Berpikir Aljabar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Generalisasi Pola Berdasarkan Gaya Kognitif". JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika). Vol. 4(2), pp:76. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i2.958
Somasundram, P. 2021. "The Role of Cognitive Factors in Year Five Pupils’ Algebraic Thinking: A Structural Equation Modelling Analysis". Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol. 17(1), pp:1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/9612
Sugiarti, I. 2013. "The Influence Of The Application Of The Mathematic Learning Technique Based On The David Tall’s Three Worlds Mathematics Theory On The Algebraic Thinking Skills Of Students (Experimental Study at Seventh Class of SMP Syarif Hidayatullah Cirebon)". IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Sutama, S., Anif, S., Prayitno, H. J., Narimo, S., Fuadi, D., Sari, D. P., & Adnan, M. 2021. "Metacognition of Junior High School Students in Mathematics Problem Solving Based on Cognitive Style". Asian Journal of University Education. Vol. 17(1), pp:134–144. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12604
TIMSS, & PIRLS. 2013. "Released mathematics items TIMSS 2011 8th-Grade Mathematics Concepts and Mathematics Item". International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). Vol. 1–124.
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. 1977. "Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications". Review of Educational Research. Vol. 47(1), pp:1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Witkin, Herman A. 1973. The Role Of Cognitive Style In Academic Performance and In Teacher-Student Relations (Issue February, pp. 1–58).
Zaelani, K. M., Warmi, A., & Ruli, R. M. 2019. "Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berbasis TIMSS". Prosiding Sesiomadikae. Vol. 2(1d), pp: 998–1007.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.27-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |