PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUWAWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemanfatan teknologi yang ada disekolah sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran di dalam kelas sering di anggap membosankan dan kurang menarik oleh siswa serta tampulan buku pelajaran yang monoton membuat siswa menjadi kurang minat dalam proses pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkanmultimedia pembelajaran yang menarik dan berkualitas untuk digunakan pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP/MTs. Proses pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi. menurut Thiagrajan,Semmel & Semmel yang terdiri dari tiga tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop).pengambilan data dilakukan melalui Lembar validasi, lembar kemampuan mengelola pembelajaran, lembar kaktivitas siswa, dan angket respon siswa. Siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Suwawa dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil kelayakan media oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 4,08, yang dikategorikan baik berdasarkan kualitas media yang ditunjukkan. Hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran skor rata-rata 3,72 termasuk dalam kategori baik.dan respon positif siswa mencapai diatas rata-rata 70%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. W., Isa, D. R., & Podungge, N. F. (2021). Analisis Hasil Balajar Matematika Siswa Pada Meteri Matriks Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10325
Anwar, M . Saidun., Choirudin, Ningsi E, F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispiring Presenter in Increasing Students, Interest in Learning Mathematics. Al-jabar: Jurnal pendidikan matematika. vol 10 (1),135-150
Bito, N., Ismail, S., & Dako, R. D. R. (2019). The Development of Character Building-Based TwoDimensional Shapes Multimedia on Junior High School Students in Gorontalo Province, Indonesia. Internasional Journal of Sciences: Basics and Aplied Research (IJSBAR), 48(1), 115–125.
Bito, N., & Mounte, N. F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif bangun ruang di MTs Negeri 2 Boalemo Provinsi Gorontalo. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (, 6, 354–364. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1980
Bulukaya, S. K., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Tingkat Bunga Sederhana Dan Tingkat Bunga Majemuk. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 70–82. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10426
Kherani, Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. 10(2).
Khuzaini, N., & Yogo Sulistyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelejaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan adobe Flash CS6 Pada Materi Segiempat dan Segitiga. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 178–183.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., &
Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100
Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. In Alfabeta (Vol. 58, Issue 12).
Nufninu, Y., Dominikus, W., & Rimo, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint dan I-Spiring pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(2), 17–28.
Saselah, Y. R., Amir M, M., & Qadar, R. (2017). Interactive Multimedia Development Based on Adobe Flash CS6 Profesional on Learning of Chemical Equilibrium. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 2(2), 80. https://doi.org/10.20961/jkpk.v2i2.11978
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press.
Thiagrajan, S., Dorothy S, S., & Melvyn I,S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloomingto: Central for Innovation on Teaching the Handicapped 112-113
Umar. (2013). Media Pendidikan : Peran danFungsinya dalam Pembelajaran. Tarbiah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.
Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734
Widiasari, R, Astriyani,A & Irawan, K, I, 2020. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz" Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6 (2), pp: 141-154.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.141-156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |