MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION BERBANTUAN BUKU SISWA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI

Nila Ubaidah

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa terhadap Peningkatan kemampuan penalaran siswa pada materi persamaan trigonometri. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan observasi keaktifan siswa, hasil tes kemampuan penalaran siswa sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Menurut hasil pembahasan ditemukan bahwa penerapan langkah-langkah auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi persamaan trigonometri. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis yang dicapai oleh siswa. Hasil yang telah dicapai pada siklus I dan II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Kinerja siswa, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori efektif, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dan ketuntasan hasil kemampuan penalaran siswa secara klasikal tercapai maka efektif digunakan untuk mengajarkan materi persamaan trigonometri. 


Keywords


auditory intellectual repetition, penalaran matematik, buku siswa, trigonometri.

Full Text:

PDF

References


Fathani, A.H. 2007. Membuat Belajar Matematika Menjadi Mudah. [Online]. http://P4Kmatematika.com/web/index.php?open=10mconten&task=view.On-line, [25 Maret 2016].

Ipah. 2007. Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Lingkaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Sumedang: FKIP UNSAP.

Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. [Online]. Tersedia di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan [06 Desember 2016].

PISA RELEASED ITEMS - Snapshot of performance in mathematics, reading and science . 2015. OECD. PISA (Programe for International Student Assessment).

Rini, D.V., dkk. 2014. Model Pembelajaran Air (Auditory Intellectually Repetition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pedagogik Vol 2, No 5.

Romadhina, Dian. 2007. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematik terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 29 Semarang melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. [Online] Tersedia http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASHf1de/c0fe599 f.dir/doc.pdf, [12 Maret 2015].

Sarbana, B. 2003. Ampuh Menjadi Cerdas tanpa Batas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.

Syah, M. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

TIMSS. 2011. National Center for Education Statistics. [Online] Tersedia: https://nces.ed.gov/timss/results11.asp. [20 September 2011].

Tri Anni, C. dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Wijaya, C. 1999. Pendidikan Remedia Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.11-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ