UPAYA MENINGKATKAN DAYA BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL

Authors

  • Idham Khaliq Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aulia Azzahra Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alsavira Safitri Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmita Nurul Muthmainnah Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.23-30

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Metode Socrates Kontekstual.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada kelas VIII-3 MTs Al-Gozali Gunungsindur Kabupaten Bogor materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan bagian-bagiannya. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes uraian dan lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan desain siklus PTK menggunakan model Kemmis S dan Mc. taggert. Pada penelitian tindakan siklus ini terdapat tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan (planing), tindakan (acting), observasi (Observing), dan refleksi (reflecting). Adapun kriteria keberhasilan minimal tindakan setiap siklusnya dari penelitian ini adalah sebesar 75% dari nilai ketuntasan pada setiap siklusnya. Analisis data pada penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan daya berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan balok. 

References

Abdullah. 2013. “Berpikir Kritis Matematik”. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. Vol. 02 (01).

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung. Satu Nusa.

Haji, Saleh. 2013. “Pertanyaan Yang Memicu Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung 1: 197

Tampubulon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mangajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahbana, Ali. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatic. 02(01). 45-57. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mangajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-06-30