UPAYA MENINGKATKAN DAYA BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.23-30Keywords:
Berpikir Kritis Matematis, Metode Socrates Kontekstual.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada kelas VIII-3 MTs Al-Gozali Gunungsindur Kabupaten Bogor materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan bagian-bagiannya. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes uraian dan lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan desain siklus PTK menggunakan model Kemmis S dan Mc. taggert. Pada penelitian tindakan siklus ini terdapat tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan (planing), tindakan (acting), observasi (Observing), dan refleksi (reflecting). Adapun kriteria keberhasilan minimal tindakan setiap siklusnya dari penelitian ini adalah sebesar 75% dari nilai ketuntasan pada setiap siklusnya. Analisis data pada penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan daya berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan balok.References
Abdullah. 2013. “Berpikir Kritis Matematik”. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. Vol. 02 (01).
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung. Satu Nusa.
Haji, Saleh. 2013. “Pertanyaan Yang Memicu Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung 1: 197
Tampubulon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mangajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Syahbana, Ali. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatic. 02(01). 45-57. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mangajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).