ANALISIS LITERASI STATISTIS MAHASISWA KONTEKS PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATISNYA

M. Hafiz, Khamida Siti Nur Atiqoh

Abstract


Literasi statistis adalah salah satu hardskill matematik yang harus dimiliki mahasiswa calon jurnalis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi statistis mahasiswa berdasarkan komponen keterampilan membaca, pengetahuan statistika, pengetahuan matematika, pengetahuan konteks, dan keterampilan mengevaluasi informasi melalui pertanyaan kritis dan mendeskripsikan gambaran literasi statistis mahasiswa ditinjau dari tingkat resiliensi matematisnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis non-eksperimental deskriptif. Subjek penelitian adalah 38 orang mahasiswa di program studi Jurnalistik diperoleh dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dialksanakan pada bulan September 2021. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi statistis dan skala resiliensi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen literasi statistis dengan capaian tertinggi adalah pengetahuan konteks dan terendah adalah pertanyaan kritis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dari 5 komponen capaian literasi statistis mahasiswa hanya 1 komponen yang termasuk kategori baik yaitu pengetahuan konteks sedangkan 4 lainnya termasuk kategori kurang dan perlu ditingkatkan. Selanjutnya secara deskriptif capaian masing-masing komponen literasi statistis antara mahasiswa dengan resiliensi tinggi dan sedang tidak jauh berbeda. Capaian literasi statistis pada mahasiswa dengan kategori resiliensi tinggi dan sedang adalah hanya 1 komponen yang termasuk kategori baik yaitu pengetahuan konteks sedangkan 4 lainnya termasuk kategori kurang dan perlu ditingkatkan juga.


Keywords


Literasi statistis; konteks pandemi covid-19; resiliensi matematis

Full Text:

PDF

References


Andriatna, R., Kurniawati, I., & Wulandari, A. N. 2021. "Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika". Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 7(1), pp: 19–28

Ariyanto, L., Tsalatsa, A. N., & Prayito, M. 2018. "Analisis Free Orientation Dan Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika". JIPMat. Vol. 3(1), pp: 29–36. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2419

Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Barreiro, P. L. and J. P. A. 2001. Management Mathematics for European Schools: Population and Sample. Sampling Technique. The University of Seville.

Ben-Zvi, D. & Garfield, J. 2014. "The Challenges of Developing Statistical Literacy, Reasoning, and Thinking". In Statistical Literacy, Reasoning, and Thinking: Goals, Definitions, and Challenges (pp. 269–291). Kluwer Academic Publishers.

Carver, R. 2012. President’s Message. Statistical Literacy and the 2013 International Year of Statistics. ASA.

Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. 2020. "Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika". Edukasi: Jurnal Pendidikan. Vol. 18(2), pp: 225. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876

Duggan, L., Cowan, P., & Cantley, I. 2017. "Are first year undergraduates mathematically resilient? A comparison of a STEM and a non-STEM discipline in an Institute of Technology". International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education. Vol. 8(3), pp: 3169–3178. https://doi.org/10.20533/ijcdse.2042.6364.2017.0425

El Islami, R. A. Z., Sari, I. J., Sjaifuddin, S., Nurtanto, M., Ramli, M., & Siregar, A. 2019. "An Assessment of Pre-service Biology Teachers on Student Worksheets Based on Scientific Literacy". Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1155(1), pp:1742-6596 https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012068

Funny, R. A., Ghofur, M. A., Oktiningrum, W., Luh, N., & Nuraini, S. 2019. Reflective Thinking Skills of Engineering Students in Learning Statistics. 10(3), 445–458.

Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Gal, I. 2019. "Understanding Statistical Literacy: About Knowledge Of Contexts And Models". Actas Del Tercer Congreso Internacional Virtual de Educación Estadística. pp: 1–15. http://digibug.ugr.es/bitstream/handle/10481/55029/gal.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Garton, E., Johnston-Wilder, S., Lee, C., & Brindley, J. 2014. Coaching for mathematics resilience: Foundation level internal evaluation.

Hafiyusholeh, M. 2015. "Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa". Wahana. Vol. 64(1), pp: 1–8.

Hafiz, M., Kadir, & Fatra, M. 2017. "Concept Mapping Learning Strategy To Enhance Students’ Mathematical Connection Ability". AIP Conference Proceedings. Vol. 1848(May). https://doi.org/10.1063/1.4983944

Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. 2017. "Mathematical Resilience of Mathematics Education Students". Journal of Physics: Conference Series. Vol. 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Raja Grafindo Persada.

Kooken, J., Welsh, M. E., McCoach, D. B., Johnston-Wilder, S., & Lee, C. 2016. "Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale". Measurement and Evaluation in Counseling and Development. Vol. 49(3), pp: 217–242. https://doi.org/10.1177/0748175615596782

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. 2019. "Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur". KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4(1), pp:69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., Kurino, Y. D., Juliar, E., & Bilda, W. 2021. "Statistical Literacy Analysis of Pre-Service Elementary Teachers Education". Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012126

Nguyen, A., & Lugo-Ocando, J. 2016. "The State Of Data And Statistics In Journalism And Journalism Education: Issues And Debates". Journalism. Vol. 17(1), pp: 3–17. https://doi.org/10.1177/1464884915593234

Otaya, L. G. 2017. "Konstruksi Penilaian Berbasis Kinerja ( Performance Based Assessment ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika". TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5(1).

Pamungkas, A. S., & Khaerunnisa, E. 2020. "The Analysis Of Student’s Statistical Literacy Based On Prior Knowledge And Mathematical Self Esteem". Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices. Vol. 1(1), pp: 43–51.

Polya. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Ratnawati, O. A., Siswono, T. Y. E., & Wijayanti, P. 2020. "Pemahaman Literasi Statistika Mahasiswa pada Konteks Covid-19 ...".Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6(3), pp: 264–276.

Ricketts, S. N., Engelhard, G., & Chang, M. L. 2017." Development And Validation Of A Scale To Measure Academic Resilience In Mathematics". European Journal of Psychological Assessment. Vol. 33(2), pp: 79–86. https://doi.org/10.1027/1015-5759/a000274

Watson, J. Joan B. Garfield and Dani Ben-Zvi. 2009. "Developing Students’ Statistical Reasoning: Connecting Research And Teaching Practice". Zdm. Vol. 41(3), pp: 393–395. https://doi.org/10.1007/s11858-009-0176-6

Wilder, S. J., & Lee, C. 2010. Developing Mathematical Resilience.

Williams, A. S. 2010. "Statistics Anxiety And Instructor Immediacy". Journal of Statistics Education. Vol. 18(2), pp: 1–18. https://doi.org/10.1080/10691898.2010.11889495

Yotongyos, M., Traiwichitkhun, D., & Kaemkate, W. 2015. "Undergraduate Students’ Statistical Literacy: A Survey Study". Proceedia Social and Behavioral Sciences. Vol. 191, pp: 2731–2734.

Yotongyos, M., Traiwichitkhun, D., & Kaemkate, W. 2015. "Undergraduate Students’ Statistical Literacy: A Survey Study". Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 191, pp: 2731–2734. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.328

Zanthy, L. S. 2018. "Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika". Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7(1), pp: 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.63-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ