PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Nunu Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar Trigonometri berbasis Kontekstual melalui metode Guided Discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kuningan. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan mengacu pada model Procedural Borg and Gall yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis, pengembangan, dan uji coba untuk pematangan bahan ajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 1 semester 2 program studi pendidikan matematika Universitas Kuningan tahun akademik 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar, skala sikap mahasiswa, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan seperangkat tes kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar Trigonometri berbasis Kontekstual melalui metode Guided Discovery. Bahan ajar dikembangkan dengan tiga tahapan pengembangan yaitu tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen, serta analisis karakteristik mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan yang meliputi pengembangan bahan ajar dilanjutkan dengan penyusunan instrumen penelitian serta validasi bahan ajar. Tahap berikutnya adalah uji coba untuk pematangan bahan ajar. Pada tahap ini diketahui kualitas bahan ajar yaitu berdasarkan penilaian validator tergolong kategori baik dengan persentase keidealan 74,54%. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa diperoleh dari nilai gain 0,36 yang tergolong kategori peningkatan sedang. Uji statistik didukung oleh hasil observasi sebesar 80% dan angket dengan rata-rata persentase sebesar 86,7%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui Guided Discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis. 


Keywords


Bahan ajar, Guided Discovery, Pemahaman Konsep, Trigonometri Berbasis Kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Abruscato, Joseph. 1996. Teaching Children Science: A Discovery Approach. Washington D.C.: A Simon & Schuster Company.

Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies.

Bell, F. H. 1978. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.

Carin, A.A. 1993. Teaching Science Through Discovery. New York: Mcmillan Publishing Company.

Carin, A.A. & Sund, R.B. 1989. Teaching Science Through Discovery. USA: Merrill Publishing Company.

Cooney, T.J. Davis, & Henderson, K.B. 1975. Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Eggen, P.D. & Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Jihad, A. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kizlik, Bob. 2012. Measurement, Assesment, and Evaluation in Education. Shah Alam: UiTM.

Kovalichik, A. & Dawson, K. 2003. Educational Technology: An Encyclopedia. Santa Barbara: ABC-Clio.

Kutner, Michael H., et al. 2005. Applied Linier Statistical Models, 4th Ed. New York: McGraw-Hill.

Moore, K.D. 2005. Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. California: Sage Publication.

Mudlofir, A. 201). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Rajawali Pers.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rudi Chandra. 2010. “Pengembangan modul pemrograman pascal untuk mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI SUMBAR”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP.

Rusefendi, E. T. 1989. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ